Assalamualaikum wr. wb.


Adakah korelasi antara tingkat SQ (spiritual question) pebisnis dan keberhasilan bisnis yang dijalaninya itu? Jika ada, seberapa signifikan? Hatur nuhun.


Dede - Bandung





Wasalamualakum wr. Wb.


Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan oleh Bapak Dede yang mencoba melihat hubungan antara spiritual quotion dengan kesuksesan seorang entrepreneur. Hal ini memang jarang sekali disorot oleh entrepreneur karena memang tidak terlihat secara nyata ketika entrepreneur membangun bisnis, khususnya pada tahap start up. Banyak orang yang tidak menyadarinya. Hal ini wajar karena fokus seorang entrepeneur itu pada membangun bisnis agar bisa berjalan.


Akan tetapi, berdasarkan pengalaman saya, hal ini akan mulai sangat terasa ketika seorang entrepreneur menumbuhkembangkan bisnis dengan konsep manajemen dimana bisnis sudah mulai tumbuh dan melibatkan banyak orang sebagai karyawan untuk membantu entrepreneur agar bisa sukses dalam bisnis tersebut. tidak dapat dipungkiri bahwa entrepreneur itu tidak akan bisa bekerja sendiri menjalankan bisnis, tetapi, melibatkan banyak orang.


Bagi saya, disinilah mulainya terasa spiritual quotion tersebut dimana seorang entrepreneur memang harus bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini berhubungan dengan bagaimana bisa menjalankan bisnis, mulai dari aktivitas keuangan, pemasaran, operasi serta sumber daya manusia dengan tidak melanggar aturan Allah SWT. Bahkan berdasarkan nilai-nilai yang sudah ditetapkan dalam Alquran dan hadis.


Demikian juga ketika entrepreneur menghadapi masalah dalam bisnis yang pastinya kalau gagal menghadapinya, akan menyebabkan bisnis menjadi hancur. Dalam hal inilah seorang entrepreneur membutuhkan Allah SWT dalam diri mereka dan menyerahkan permasalahan kepada Allah SWT setelah mereka menyelesaikan dengan basis keilmuan. Berserah diri kepada Allah SWT menjadi jalan bagi entrepreneur  bisa tenang dan fokus kembali menyelesaikan masalah. Atau sebaliknya, adakalanya entrepreneur ketika berhasil lupa dengan Allah SWT sehingga mereka suka ke dugem, lupa diri, korupsi dan lain-lain.


Berdasarkan konteks itu, saya dapat meyimpulkan bahwa spiritual   quotion ini penting bagi entrepreneur untuk bisa mendapatkan ketenangan diri, arahan dalam berbisnis dan yang terakhir adalah keberkahan dalam bisnis dari Allah SWT sehingga bisa memberikan manfaat untuk dunia dan akhirat.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: