Ada satu pelajaran yang sangat berharga bagi setiap entrepreneur ketika saya membaca salah satu artikel di Harvard Business Review (HBR) yang berjudul Simplify Outdated Corporate Processes oleh Daniel Markovitz.


Dalam tulisan tersebut diingatkan bahwa setiap pebisnis harus selalu mengevaluasi proses bisnis mereka dan semakin besar skala bisnis, yang harus diperhatikan adalah bagaimana membuat proses bisnis semakin sederhana. Akan berbeda mengelola bisnis dengan 10 karyawan dengan 500 karyawan.


Hmmmm… rasanya tulisan ini perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap entrepreneur, yaitu bagaimana menyederhanakan proses bisnis perusahaan seiring dengan bertambahnya skala bisnis perusahaan mereka. Tentu mengingatkan saya kepada dua hal yaitu bagaimana seorang entrepreneur memiliki tujuan bisnis yaitu membuat bisnis mereka tumbuh dan berkembang. Yang kedua adalah bagaiman setiap entrepreneur harus bisa mengelola business process.


Skala bisnis dari mikro ke kecil, kecil ke menengah, menengah ke besar adalah bentuk bisnis yang tumbuh dan berkembang bagi setiap entrepreneur. Tentu hal ini berhubungan dengan skala bisnis yang diindikasikan pada peningkatan jumlah karyawan. Hal ini dirasakan oleh teman yang memang mengalami peningkatan skala bisnis.


yang paling penting adalah proses bisnis. Entrepreneur diharapkan menyederhanakan proses bisnis tersebut seiring dengan berkembangnya bisnis. Tiga prinsip yang harus diperhatikan adalah Youre not a small company anymore. Focus on the big picture, Drive authority down into the organization dan Do a reality check on your processes.


Penyederhanaan proses bisnis ini tetap berorientasi pada bagaimaan entrepreneur memberikan superior value bagi konsumen. Contohnya bagaimana? Dengan memanfaatkan IT dalam proses bisnisnya. Sukses buat kita semua ya…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: