Ada satu hal yang menjadi perhatian para pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis yaitu permasalahan keluarga bisa berdampak kepada bisnis dan sebaliknya, aspek bisnis seringkali juga mempengaruhi keluarga para pensiunpeneur. Kang Asep melihat fenomena ini adalah hal yang sangat strategis karena saling mempengaruhi dan dapat membuat bisnis ataupun keluarga menjadi bermasalah untuk jangka panjang. Disinilah rasa ingin tahu dan inspirasi yang bisa didapatkan oleh kang Asep dari Uda Emha.


Kang Asep : “Da, kenapa ya, seringkali para pensiunpreneur menghadapi masalah dalam bisnis berdampak kepada keluarga mereka.


Uda Emha : “He2.. baru tahu ya kang kondisi seperti itu?”


Kang Asep : “Betul sekali da dan bahkan seringkali juga keluarga berdampak kepada bisnis yang dijalankan karena ada keluarga yang harmonis, akan membentuk perjalankan bisnis yang baik”


Uda Emha : “Hal itu memang terjadi kang, kedua aspek bisnis dan keluarga para pensiunpreneur saling mempengaruhi satu sama lain”


Kang Asep : “Sebegitunya, da?”


Uda Emha : “Betul sekali dan tidak dapat dipungkiri bahwa ketika keduanya bisa diseimbangkan, maka akan membuat bisnis terus tumbuh dan berkembang sekali memberikan profil, people, planet serta sustainability, demikian juga dengan keluarga yang semakin harmonis dan dapat memberikan value kepada diri setiap pensiunpreneur.


Kang Asep : “Kalau begitu, apa resep nya da? Biar terjadi keseimbangan antara keluarga dan bisnis yang dijalankan oleh para pensiunpreneur?”


Uda Emha : “Pensiunpreneur harus memiliki mindset kewirausahaan yang benar dalam menjalankan bisnis serta mindset yang benar sebagai kepala keluarga atau bagian dari keluarga bila mereka adalah seorang istri dan anak”


Kang Asep : “Jadi, semuanya berawal dari mindset?”


Uda Emha :”Betul sekali kang, mindset sebagai sebuah sikap mental yang berawal dari pola pikir dan menjadi mental yang kuat dan tepat untuk menjalankan kedua peran tersebut”


Kang Asep :”Kalau begitu, sudah menjadi kewajiban ya da, setiap entrepreneur harus memiliki kedua mindset tersebut?”


Uda Emha : “Inilah yang menjadi dasar bagi entrepreneur agar sukses di keluarga dan sukses dibisnis, kang. Tinggal selanjutnya meningkatkan kapabilitas dalam mengelola bisnis dan keluarga sehingga dua-duanya bisa berjalan dengan baik.


Kang Asep :”Ada lagi da?”


Uda Emha : “Terus pantau kondisi lingkungan dimana akan diketahui peluang atau ancaman. Barulah setelah itu menetapkan strategi inovasi yang tepat dalam menjalankan keluarga dan bisnis”


Kang Asep : “Bahayyyyyya..  terima kasih uda, inspirasinya”
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: