Assalamualaikum wr. Wb.
Apa kabar Bapak Meriza, semoga sukses selalu dan terima kasih atas program BElbiz ini. begini pak, saya dulu memiliki sebuah bisnis yang saya jalankan dan Alhamdulillah berkembang. Akan tetapi, seiring dengan menggunakan karyawan, ada satu kondisi yang membuat usaha saya bangkrut dimana sikap yang ditunjukkan oleh karyawan sehingga karyawan kecewa dan meninggalkan perusahaan saya. Memang pada akhirnya harus tutup. Saya mau bangkit lagi pak. Mohon masukannya apa yang harus saya lakukan. Terima kasih atas jawaban Bapak.
Wassalam
Ajuk Hasanuddin, Bandung

Waalaikumsalam wr. Wb.
Terima kasih atas respon yang Bapak Ajuk sampaikan kepada kami dalam program Belbiz on Radio dan pastinya, setiap orang juga pernah mengalami hal yang sama dalam berbisnis dimana mereka mengalami penurunan bisnis ketika memperkerjakan karyawan dalam menjanalankan bisnis. padahal, sejatinya dengan adanya karyawan, perusahaan itu harus lebih berkembang dan memberikan manfaat bagi diri mereka bukannya malah membuat bisnis menurun, apalagi bangkrut.

Akan tetapi, ini adalah sebuah siklus yang akan dialami oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis dimana bisnis itu ada fase introduction, growth, mature dan dan decline. Bagi yang sudah decline karena faktor karyawan yang membangun entrepreneur gagal memberikan yang terbaik, tentu harus bangkit lagi untuk membangun perusahaan.

Untuk bangkit kembali, Bapak Ajuk harus melakukan evaluasi dulu atas linkungan internal dimana kondisi saat ini dan yang menyebakan konsumen pergi. Bisa dari aspek kualitas sumber daya manusia,proses bisnis, pemasaran dan keuangan. Adapun faktor eksternal berhubungan dengan maunya konsumen dan bagaimana persaingan serta teknologi informasi selain kebijakan pemerintah dan kondisi sosial dan budaya dimana target pasar berada.

Lalu, tingkatkan dulu kualitas sumber daya manusia dalam aspek kompetensi mereka yang berhubungan dengan knowledge, skill dan attitude dalam bekerja, khususnya melayani konsumen. lalu buatkan SOP perusahaan serta produk yang berkualitas sesuai dengan need, want dan demand pasar. komunikasikan kepada konsumen tentang kondisi saat ini, perbaikan yang sudah dilakukan serta berjanji untuk tidak melakukan kesalahan ini. lalu, berikan service excellence dan buat program surat complain. Inilah beberapa hal yang harus dilakukan pak. Semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: