Assalamualaikum wr. Wb.
Terima kasih atas kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan sharing dari teman-teman di program Belbiz ini. perkenalkan nama saya Firdayanti dan ingin bertanya tentang konsep kerjasama dimana ada dua orang berbisnis dan apakah harus ada yang menjadi leader atau terus bersama-sama?
Wassalam
Firdayanti.. saturnus

Waalaikumsalam wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan Alhamdulillah, program ini terus memberikan manfaat bagi sahabat belbiz dalam meningkatkan knowledge, skill dan attitude dalam menjalankan bisnis.

Dalam membangun bisnis, seringkali orang tidak memulainya sendiri, akan tetapi, bekerjasama dengan teman atau saudara. Dalam konteks ini, diperbolehkan saja membangun bisnis seperti ini agar bisa saling mengisi kekurangan masing-masing. banyak bisnis yang dibangun secara bersama dan bahkan terus berkembang.

Dalam konteks ini, mereka menggunakan atau menerapkan manajemen yaitu bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien dimana setiap tujuan yang sudah ditetapkan harus dicapai melalui sebuah proses manajemen. Hal ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur,, khususnya yang melakukan kerjasama dengan orang lain. Hanya saja, dalam manjaemen itu diperlukan leadership yang kuat. Bagi saya, faktor penentu manajemen itu adalah leadership yang dimiliknya dalam menjalankan rencana.

Oleh karena itu, diantara dua orang yang bekerjasama, harus ada  yang menjadi seorang leader sehingga mampu mempengaruhi orang lain untuk bisa mencapai tujuan bersama. Disinilah point utama bagi dua orang yang bekerjasama sehingga mereka harus berbagi tugas yaitu ada yang menjadi leader diantara mereka. Oleh karena itu, bagilah tugas dan peran leader.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: