Dalam satu kesempatan, saya harus memberikan pendapat tentang apa strategi yang harus digunakan oleh para entrepreneur berhubungan dengan bisnis mereka. strategi yang memang sudah tidak asing karena itulah yang dipelajari di kampus dan diajarkan kepada para entrepreneur di GIMB Entrepreneur School karena selalu berkeinginan agar setiap entrepreneur menyadari bahwa mereka harus menjadi ahli strategi.


Konsep ahli strategi ini bukanlah konsep yang datang tiba-tiba karena pada dasarnya bisnis entrepreneur itu adanya di dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Sementara, tetap, tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability dalam dimensi minimal 10 tahun serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar harus tetap dicapai.


Analisis terhadap lingkungan bisnis inilah yang harus dilakukan sehingga diketahui posisi bisnis di pasar atau dalam industri. Pilihan yang terbaik dan bersifat jangka panjang inilah yang nantinya diharapkan dapat memberikan superior value bagi konsumen yang disebut dengan strategi. Lalu, apa yang harus dipilih?


Menurut Michael Porter, pilihan strategi yang bisa dilakukan itu ada lima yaitu cost leadership, focus cost leadership, diferensiasi, focus diferensiasi dan diferensiasi sembari menuju cost leadership. Inilah pilihan strategi yang bisa diambil dan harus konsisten dengan strategi tersebut karena harus berjangka panjang. Inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur….


Pemilihan strategi yang tepat akan berdampak kepada bagaimana hasil yang akan dicapai dalam setiap bisnis tersebut. oleh karena itu, memang tuntutan dalam setiap bisnis adalah bagaimaan mereka bisa menjadi seorang ahli strategi dalam konsep menganalisis lingkungan, membuat atau memilih strategi, membuat program untuk menjalankan strategi dan juga melakukan evaluasi atas strategi yang dijalankan.


pilihan strategi itu penting agar bisnis tetap dalam kerangka bisnis yang sudah ditetapkan dan direncanakan. Jangan naif dengan mengasumsikan lingkungan bisnis itu tetap dan tidak berubah karena akan membuat bisnis para entrepreneur bisa tenggelam dengan sendirinya. Tidak ada alasan untuk tidak menjadi ahli strategi. sukses buat kita hari ini.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: