Tadi malam, pertandingan sepak bola semifinal untuk empat tim yaitu Persib, Pusamania, Arema Cronus dan Semen Padang yang memperebutkan kesempatan untuk masuk final di Piala Presiden pada tahun 2017 ini. Luar biasa, pertandingan yang menampilkan tim-tim terbaik agar bisa memenangkan pertandingan. Strategi juga diterapkan oleh masing-masing coach atau pelatih dan bahkan sampai menit terakhir. Akan tetapi, setiap tim juga harus siap untuk menerima hasil, baik sebagai pemenang ataupun pada posisi kalah.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang berharga karena ini sama saja dengan menjalankan sebuah bisnis dan bertujuan utuk mencapai kemenangan yang biasa disebut dengan pencapaian competitive advantage. Keunggulan bersaing bagi setiap entrepreneur adalah tujuan yang hendak dicapai karena saat ini seorang entrepreneur menghadapi bisnis yang luar biasa dimana pesaing semakin pintar dan berupaya untuk mencapai kemenangan.


Bisnis itu seperti permainan atau games dimana entrepreneur adalah pelatihan dan bahkan menjadi seorang pemain dalam permainan ini. Hal ini harus dipahami oleh para entrepreneur agar menjadi sebuah mindset dan bahkan mindset kewirausahaan yaitu berorientasi pada kemenangan. Hal ini menuntut setiap entrepreur untuk menjadi seorang ahli strategi bisnis dan manajemen dalam menjalankan bisnis tersebut. Ahli strategi bisnis dan manajemen dengan tujuan untuk mencapai sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan dan pada akhirnya kinerja bisnis yang meningkat berdasarkan lingkungan bisnis yang selau berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.


Hal yang harus dipahami oleh ahli strategi bisnis dan manajemen adalah bagaimana kondisi lingkungan bisnis yang dapat memberikan pengaruh berupa kekuatan atau kelemahan, peluang dan ancaman serta posisi wirausaha di dalam bisnis. Kalau dilihat dari pertandingan sepak bola, analisis terhadap lawan adalah hal yang penting karena kekuatan dan strategi mereka akan menentukan posisi wirausaha. barulah setelah itu, wirausaha harus menganalisis kekuatan sumber daya manusia yang dimiliki karena sejatinya, karyawan adalah aset yang paling berharga. Yang dilihat adalah jumlah karyawan, pengetahuan, keterampilan sampai dengan sikap untuk menjalankan bisnis.


Barulah setelah itu, seorang wirausaha harus memilih strategi yang paling tepat. Strategi ini harus diturunkan ke dalam bentuk program keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia serta teknologi informasi. Kenapa demikian? Karena ini berhubungan dengan action atau implementation dari sebuah strategi yang nanti harus dievaluasi setiap saat oleh para entrepreneur. Jadi, sudah siap menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen untuk usaha anda? Hmmm..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: