Dalam kerangka strategic management, salah satu aspek yang perlu menjadi perhatian setiap entrepreneur adalah bagimana membuat budaya perusahaan atau corporate culture dan memperkuatnya dalam keseharian aktivitas perusahaan tersebut. Inilah yang menjadi kesimpulan dalam diskusi dengan beberapa teman kemaren di kampus. Bagaimana memperkuat budaya perusahaan yang dimiliki oleh setiap entrepeneur.


Berbicara tentang budaya perusahaan ini, hampir semua orang berupaya untuk membuat bisnis mereka tetap unggul atau mencapai competitive advantage dibandingkan dengan pesaing. Keunggulan bersaing ini lah yang bisa membuat perusahaan entrepreneur bisa mencapai tujuan perusahaan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil dan menengah serta besar.


Salah satu sumber keunggulan bersaing tersebut adalah bagaimana entreperneur bisa memiliki budaya perusahaan yang kuat. Hal ini berhubungan dengan value atau nilaiyang dipegang oleh perusahaan dankaryawan, kepercayaan atau belief terhadap apa yang diusahakan, bahasa yang digunakan dalam perusahaan mereka, cara komunikasi serta habit atau kebiasaan yang diciptakan dalam aktivitas sehari-hari.


Inilah yang membuat perusahaan entrepeneur bisa lebih unggul dari pesaing. Oleh karena itu, sebagai entrepeneur dan yang memulai usahanya, marilah ciptakan budaya perusahaan dari nilai-nilai pribadi atau nilai-nilai sendiri yang dipahami dan di pegang oleh setiap entrepeneur. jangan hanya meng-copy paste dari bisnis orang lain karena tidak akan membumi budaya perusahaan tersebut.


Contoh yang bisa diambil adalah bagaimana adanya integritas, kreatifitas dan inovasi, semangat melayani konsumen, disiplin dan bertanggung jawab, serta menjadi pembelajar. Itulah beberapa contoh budaya perusahaan yang bisa digunakan dan tinggal diketahui oleh karyawan, dipahami, dihayati dan juga dijalankan dengan contoh langsung untuk memperkuat budaya tersebut. sukses buat kita hari ini.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: