Dalam setiap bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur, kekuatan diferensiasi dalam setiap produk berupa barang atau jasa yang ditawarkan menjadi kunci keberhasilan memenangkan persaingan di dalam setiap bisnis saat ini.


Kemaren, saya bertemu dengan salah seorang mahasiswa yang sudah memiliki bisnis kuliner dan sudah menjalankan bisnis mereka beberapa tahun. Perjalanan bisnis beliau sangat unik dan perlu mendapatkan perhatian karena banyak pelajaran yang ada disana.


salah satu yang ditampilkan oleh teman tersebut adalah bagaimana membuat menu makanan yang unik dan berbeda dengan orang lain. Keunikan menu tersebut berasal dari nama dan juga rasa yang ditawarkan dalam setiap menu.


Keuikan menjadi sumber competitive advantage dari setiap menu yang ditawarkan tersebut. jadi, tidak ada yang sama. Differensiasi ini menjadi kata kunci untuk terus memimpin industri kuliner di Kota kembang ini. tidak ada kata berhenti buat beliau untuk terus mengembangkan produk sehingga memang selalu tampil beda.


oleh karena itu, hal mendasar yang menjadi perhatian beliau adalah terus menggali potensi diri dengan membuat diferensiasi yang kuat bagi menu yang ada. Beliau tidak pernah berhenti untuk belajar, belajar dan belajar.


selain itu, layanan juga menjadi perhatian beliau untuk menawarkan diferensiasi dari setiap produk yang ditawarkan. Layanan juga menjadi sumber diferensiasi. Dalam konteks marketing, tentu ingat context marketing bagi setiap bisnis mereka.


yang terakhir beliau melakukan diferensiasi terhadap orang-orang dan bagi saya, relevan dengan pengetahuan sebelumnya yaitu berhubungan dengan knowledge, skill dan attitude (KSA) dari setiap karyawan beliau yang terus dikembangkan dan ditingkatkan. Sukses buat kita hari ini.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: