Salah satu pesan yang bisa digunakan dalam berkomunikasi adalah para entrepeneur atau owner bisnis. Kenapa demikian? Bukankah entrepeneur itu tidak perlu ditampilkan karena yang paling penting adalah bisnis dan produk yang mereka pasarkan. Alasannya adalah dikhawatikan bila ada masalah pada diri owner, maka akan berdampak kepada bisnis mereka. Terlalu beresiko bagi setiap entrepreneur dalam memjalankan promosi dengan membuat pesannya fokus pada entrepeneur itu sendiri.



Hal inilah yang disampaikan oleh para entrepeneur pada waktu pertama kali bertemu dengan saya. Mereka memilih orang lain saja yang ditampilkan dan tidak perlu diri mereka sendiri. hmmmm... saya menjadi berfikir, kenapa mereka berfikiran seperti itu? Kok bisa ya? Kenapa tidak mau menampilkan diri sendiri dalam bisnis yang notabene sudah didirikan sendiri dengan berbagai pengorbanan. Tentu tidak sedikit uang yang dikeluarkan untuk memulai usaha tersebut selain waktu, tenaga dan fikiran.



Saya bisa memahami pernyataan entrepeneur itu karena bisa jadi pemahaman yang terbatas untuk memanfaatkan diri sendiri sebagai brand ambassador untuk bisnis mereka. Padahal, diri sendiri memiliki potensi yang luar biasa untuk dijadikan sebagai ambassador dibandingkan orang lain.



Keuntungan dengan menjadikan diri sendiri sebagai ambassador adalah entrepeneur itu  memiliki knowledge danskill serta attitude yang sesuai dengan bisnis mereka. Hal ini penting karena untuk mengimbangi brand yang belum memiliki ekuitas yang tinggi. Butuh waktu yang tidak sebentar. Brand itu butuh waktu untuk dibesarkan. Kenapa demikian? Karena berhubungan dengan siklus hidup produk itu sendiri.



Oleh karena itu, diperlukan kesadaran setiap entrepeneur untuk menggunakan diri mereka sebagai brand ambassador. Jangan malu memanfaatkan diri guna promosi. Dalam kenyataanya, hal ini seringkali terjadi pada diri entrepeneur dimana mereka terkesan malu dengan mempromosikan diri untuk produk atau barang dan jasa yang mereka produksi.



Percaya diri untuk menjadikan diri sebagai brand ambassador akan bisa mempercepat promosi produk-produk perusahaan dan juga akan berdampak pada kemudahan bisnis mereka untuk menjadi lebih dikenal. Selain itu, akan lebih murah tentunya karena tidak perlu membayar orang-orang untuk dijadikan brand ambassador. Untuk start up business, hal ini penting karena jelas memiliki keterbatasan dalam uang yang mereka miliki.



Selain itu, setiap entrepeneur harus benar-benar bisa mempersonafikasikan diri mereka dengan  produk yang dipasarkan karena berhubungan dengan apa yang ditawarkan kepada konsumen. Personifikasi ini akan mempermudah konsumen dan stakeholder untuk mengenal dan memahami produk tersebut.



Selanjutnya entrepreneur harus bisa memasarkan diri dengan membuat web atau blog untuk diri sendiri dan aktif di berbagai komuniktas yang sesuai dengan karakter bisnis para entrepeneur. aktivasi ini akan membantu orang lebih mengenal produk, baik barang maupun jasa yang dihasilan oleh para entrepeneur.



So, entrepeneur harus bisa mengkomunikasikan diri mereka kepada para stakeholder.... sukses buat kita hari ini.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: