Beberapa waktu ini, bencana alam seringkali terjadi di negeri ini dan diantaranya ada banjir, angin kencang badai dan lain-lain. Bahkan kondisi ini sudah diingatkan oleh lembaga yang berwenang dan mengingatkan rakyat untuk berhati-hati. Tentu bagi entrepreneur, hal ini harus menjadi perhatian yang utama.


Saya menjadi teringat dengan konsep strategic management atau manajemen strategi yang memang harus dipahami, dihayati serta dimanfaatkan dalam setiap keputusan bisnis yang dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis. Ditambah lagi dengan statement yang selalu sayasebutkan bahwa seorang entrepreneur harus menjadi ahli strategi.


Berfikir strategi itu adalah bagaimana setiap entrepeneur mempertimbangkan lingkungan internal dan lingkungan eksternal dan membuat perencanaan jangka panjang untuk mencapai tujuan setiap entrepreneur yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang. Salah satunya adalah lingkungan alam atau geografi.


Dalam kerangka bisnis, kejadian hujan debu itu adalah sesuatu yang tidak bisa ditolak dan diabaikan karena pasti akan terjadi dan tidak bisa dikontrol. Itulah salah satu karakter lingkungan bisnis. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh para entrepeneur? Jelas ini menjadi ancaman bagi banyak entrepeneur karena akan berpengaruh terhadap proses bisnis yang ada.


Hal ini terlihat dari dampak debu yang bertebaran dimana-mana dan mempengaruhi pernafasan dan juga membuat mata perih kemaren. Bagi entrepeneur, ini akan menjadi bahaya bila tidak diantisipasi, apalagi buat diri dan juga karyawan perusahaan. itu adalah contoh resiko yang paling dekat dan bersifat individu bagi para entrepreneur dan juga karyawan.


Belum lagi bisnis yang harus ditutup karena terganggu dampak hujan debu. Inilah yang harus menjadi perhatian para entrepeneur karena tentu, dampak prubahan lingkungan ini menjadi ancaman bagi perusahaan. Oleh karena itu, perlunya seorang entrepeneur mengambil langkah stability untuk sementara dengan memperhatikan kondisi lingkungan tersebut untuk mengantisipasi dampak hujan abu ini. semoga kita selalu dilingkung oleh Allah Swt dan keluarga yang kena musibah, mendapat kesabaran serta kita bisa membantu mereka juga.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: