Semakin kesini, saya semakin memahami bagaimana sejatinya seorang manusia digerakkan oleh brain atau mind atau fikiran mereka. Fikiran yang memang menjadi dasar dan membedakan antara manusia dengan yang bukan manusia karena penting untuk dilihat secara kasat mata bagaimana mereka benar-benar dibekali dengan mulia oleh Allah SWT. Ini penting untuk dipahami.


Oleh karena itu, setiap entrepreneur harus benar-benar memahami bagaimana mind atau fikiran itu penting bagi setiap diri mereka dalam menjalankan bisnis. Fikiran setiap entrepreneur berhubungan dengan persepsi mereka terhadap apa yang mereka ketahui (knowledge) dan experience yang berasal dari see, hear, feel, taste dan smell. Atau yang biasa disebut dengan panca indera.


Kedua faktor ini penting untuk dipahami oleh setiap entrepreneur karena memang kalau dilihat secara lebih mendalam, konsep entrepreneurship itu sendiri menekankan kepada aspek yang berhubungan dengan mindset atau sikap mental yang diawali oleh fikiran mereka dalam mengelola setiap peluang, baik yang dilihat ataupun yang mereka ciptakan sendiri untuk diubah menjadi bisnis.


Fikiran itu menjadi sentral yang menggerakkan setiap manusia selain hati yang berisikan emosi ataupun nafsu setiap entrepreneur, memang keduanya harus dijaga keseimbangannya karena pada hakekatnya, fikiran itu lurus tergantung bagaimana entrepreneur mengelolanya dan juga emosi yang berhubungan dengan rasa yang dimiliki oleh setiap entrepreneur. keduanya harus diseimbangkan agar bisa mencapai tujuan dengan baik.


Oleh karena itu, entrepreneur harus benar-benar bisa memahami bagaimana kekuatan fikiran itu dalam mengelola setiap tindakan mereka, khususnya dalam bisnis yang pastinya penuh dengan perhitungan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Mind bahkan harus dikuasai agar tidak menjadi liar dan kemana-kemana dalam rangka mencapai tujuan.


Sudah saatnya entrepreneur fokus dalam mengelola fikiran mereka dan memanfaatkan setiap peluang yang ada pada diri masing-masing agar dapat memberikan value yang optimal bagi diri dan bisnis tersebut. Tanpa ini, akan semakin berat bagi setiap entrepeneru menggapai tujuan yang mereka tetapkan yaitu bisnsi yang profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.


Semakin jelas bagi setiap entrepreneur bagaimana mereka harus mulai fokus dalam mengelola fikiran dan bahkan fikiran setiap orang dalam perusahaan dan juga fikiran stakeholders mereka seperti konsumen, pesaing, supplier, distributor dan bahkan masyarakat serta pemerintah yang memiliki kepentingan dengan bisnis setiap entrepreneur.. so, fokuslah mengelola fikiran saat ini, mulai dari fikiran sendiri…



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: