Budaya perusahaan itu penting bagi setiap entrepeneur untuk membuat bisnis mereka akan jauh lebih baik kedepannya. Budaya perusahaan iniperlu diperhatikan daam konteks membangun usaha yang unggul dan dalam kerangka diri setiap karyawan maupun entrepeneur, perlu mendapatkan perhatian. Akan sia-sia program yang dibuat oleh entrepeneur bila tidak memperhatikan aspek yang berhubungan dengan fikiran atau mindset setiap entrepeneur.


Aspek yang penting untuk diperhatikan adalah bagiamana membuat budaya perusahaan itu bisa tertanam di benak mereka. tugas utama setiap entrepreneur adalah bagaimana membuat budaya itu benar-benar diketahui dengan baik, dipahami, dihayati serta diterapkan dalam setiap aktivitas bisnis yang dijalankan di perusahaan mereka.


Konsep yang menjadi pegangan adalah aspek kognitif, afektif dan juga aspek psikomotorik. Hal ini berhubungan dengan bagaimana membuat setiap orang mengetahui budaya perusahaan dan hal ini harus diajarkan secara baik kepada mereka. aspek kognitif ini akan bisa merubah persepsi dari setiap karyawan dalam perusahaan. tidak ada cara lain kecuali mengajarkan budaya itu dan juga memberikan pengalaman yang baik kepada mereka.


Afektif berhubungan dengan bagaimana setiap entrepeneur bisa membuat karyawan itu suka atau menyenangi apa yang diajarkan kepada mereka. nilai-nilai yang diberikan atau diterapkan itu harus bisa disenangi oleh karyawan agar mereka bisa mendapatkan rasa senang atas apa yang dijalankan dalam perusahaan, khususnya yang berhubungan dengan budaya perusahaan atau corporate culture dalam perusahaan setiap entrepeneur.


Adapun psikomotorik adalah bagaimana setiap karyawan mulai terlibat dalam menjalankan apa yang sudah dipelajari, dipahami dan dihayati tersebut. aplikasi ini merupakan aspek yang paling penting karena percuma saja apa yang diajarkan bila tidak diterapkan oleh para karyawan yang bekerja dengan entrepreneur itu sendiri.


Oleh karena itu, jelas, leading by example yang harus dijalankanoleh setiap entrepeneur dalam bisni mereka. Entrepeneur harus terlibat langsung dalam penerapan konsep tersebut dan bersama-sama dengan karyawan menjalankannya. Saatnya entrepreneur mulai memperhatikan strategi untuk menerapkan budaya perusahaan dalam setiap usaha entrepeneur.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: