Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas program yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berbisnis sehingga terus mengasah pengetahuan saya untuk mengembangkan bisnis. O iya Bapak Meriza, saya mau bertanya, suami saya punya usaha mainan dan ini sudah berjalan. Kebetulan, ada teman yang mau memberikan pinjaman modal untuk pengembangan usaha dan beliau meminta bagi hasil 25%. Bagaimana baiknya Pak?
Waalaikum salam wr. Wb.
Lia susanti, sadang serang

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan yang sudah Ibu Lia sampaikan untuk program Belbiz on Radio dan kami memang selalu berharap program ini menjadi media alternative untuk belajar bisnis yang memang setiap saat harus diisi dengan belajar dan berlatih untuk bisa membuat bisnis sahabat Belbiz bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan.

Bicara ada pihak yang mau ikut serta dalam bisnis yang dilakukan oleh suami Ibu, itu menunjukkan adanya persepsi positif dari orang lain untuk bisnis tersebut. Itu perlu disyukuri karena berhubungan dengan apa  yang selama ini dilakukan oleh suami Ibu dan mendapat kepercayaan dari orang lain. Hanya saja, bicara tentang pinjaman, memang harus berhati-hati sebelum mengambil keputusan apakah diterima atau ditolak oleh ibu dan suami.

Yang pertama diperhatikan adalah apakah pinjaman tersebut dibutuhkan atau tidak karena ini berhubungan dengan penggunaan dari uang tersebut. Jelas kalau tidak dibutuhkan karena memang masih ada uang pribadi yang bisa digunakan, maka jangan melakukan pinjaman kepada orang lain. Takut penggunaannya menjadi tidak produktif dan malah menjadi sesuatu yang bersifat konsumtif bagi para entrepreneur.

Kalaupun dibutuhkan, untuk apa penggunaan dana pinjaman. Hal ini harus diperjelas dulu karena berhubungan dengan tingkat produktivitas dari setiap hal  yang berhubungan kegiatan usaha  yang dijalankan oleh suami Ibu. Ini akan menjadi bagian penting untuk mengembangkan usaha.

Hal lainnya adalah bagaimana Ibu memperjelas pinjaman ini karena pinjaman tersebut harus dikembalikan oleh Ibu kepada teman tersebut. Lalu, yang 25% itu disarankan dari laba bersih setelah dikeluarkan biaya-biaya yang melekat dari setiap proses bisnis, termasuk gaji yang harus didapatkan oleh Bapak selaku seorang pekerja.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: