Setiap entrepeneur perlu memahami konsep stakeholder dalam bisnis mereka. stakeholder ini akan mempengaruhi bisnis dan juga proses bisnis serta pada akhirnya, akan bisa mendukung atau malah menghambat pencapaian tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro ke kecil, kecil ke menengah, menengah ke besar yang memang diimpikan oleh para entrepeneur.


stakeholder bagi sebagian orang hanya sebatas orang yang memiliki kepentingan kepada bisnis mereka. akan tetapi, jelas, ini tidak cukup lagi karena perkembangan stakeholder yang semakin luas dalam bisnis itu sendiri. Oleh karena itu, definisi stakeholder harus dipahami dan diperjelas dan strategi untuk menghadapi mereka diperlukan.


Stakeholder dalam konteks saat ini adalah setiap pihak yang mempengaruhi atau terpengaruh oleh setiap kebijakan atau operasional perusahaan. Jadi, konsepnya lebih luas daripada konsep yang lama. Kata kuncinya adalah mempengaruhi atau terpengaruh.banyak orang yang terlibat dalam hal ini. akan semakin luas dari konsep yang lama.


Konsep pengembangan lainnya adalah konsep kebijakan atau berhubungan dengan operasional perusahaan. Jadi, dengan kedua konsep ini, setiap entrepeneur dituntut untuk bisa mengidentifikasi stakeholder yang semakin banyak dan memliki kepentingan atas apa yang kita jalankan.


Yang pasti adalah konsumen, supplier dan distributor serta masyarakat yang berada disekitar perusahaan. Mereka adalah stakeholder eksternal utama selain pesaing, pemerintah, perbankan dan lain-lain. Adapun stakeholder internal adalah karyawan dan juga keluarga mereka yang bisa jadi terpengaruh akibat keputusan ataupun kebijakan perusahaan.


sekarang, saatnya entrepeneur melakukan mapping atas stakeholder tersebut dan membuat kebijakan yang tidak merugikan mereka sehingga nantinya stakeholder tersebut bisa memberikan kontribusi kepada entrepreneur dalam mencapai tujuan mereka.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: