Sumber ide sebuah bisnis yang bisa dilakukan oleh karyawan yang memang sudah berminat untuk menjadi seorang entrepreneur adalah dari pengetahuan manajemen yang mereka dapatkan di tempat kerja. Hmmmm… maksudnya bagaimana ya?... pengalaman yang saya rasakan ketika meninggalkan tempat kerja di dunia asuransi pada tahun 2003 yang lalu sangat terasa.


Saya memang sangat beruntung dan bersyukur kepada Allah SWT dimana saya sempat bekerja di perusahaan Asuransi Bintang Tbk melalui jalur Management Trainee (MT). Dua hal yang sangat mengembirakan bagi saya yaitu bisa masuk ke perusahaan melalui jalur MT. Pelajaran yang sangat luar biasa karena saya diberikan kesempatan untuk mendapatkan materi manajemen, mulai dari manajemen dalam konteks hard skill yaitu manajemen strategik, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia dan bahkan manajemen dalam industri asuransi. Demikian juga dengan manajemen dalam konteks soft skill yaitu managerial skill, leadership skill, decision making and problem solving, team building, sampai dengan motivational skill serta corporate culture dalam sebuah perusahaan.


Ketika memutuskan bisnis travel, cafĂ© dan benang sutera di tahun 2006 – 2008, saya kurang beruntung karena memang bukan sesuai dengan pengetahuan saya yang sangat terbatas. Akan tetapi, di taun 2009, dengan arahan Almarhum guru saya, Dr. Tendi Haruman (alm), beliau melihat potensi saya ada di bidang manajemen, inilah awal pemilihan bisnis yang saya lakukan. Hmmm..


Oleh karena itu, sbagai seorang karyawan, pengetahun tentang manajemen yang didapatkan selama bekerja dan bahkan ditambah dengan berbagai pelatihan yang didapatkan, baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan adalah sebuah potensi bisnis yang harus bisa dikembangkan dengan baik. Ini adalah potensi yang luar biasa kalau di arahkan dan digali dengan baik.


Ingat saja bagaimana karyawan memiliki pengetahuan tentang manajemen dan ada satu peluang yaitu manajemen itu berlaku di semua jenis dan skala bisnis. kelemahan banyak perusahaan adalah mereka kurang memiliki manajemen dan disinilah seorang karyawan bisa mengembangkan perusahaan dengan basis riset, konsultan dan training. Saya merasakan sendiri dan ini bisa saya kembangkan dalam bisnis  yang saya lakukan.


Oleh karena itu, sudah waktunya karyawan melakukan assessment terhadap pengetahuan manajemen mereka yang didapat di tempet kerja dan dijadikan sebagai dasar untuk pemilihan bisnis dengan menjadi entrepreneur.


Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: