Pelajaran yang sangat berkesan yang saya dapatkan dari tempat bekerja di perusahaan Asuransi Bintang Tbk dan juga menjadi seorang dosen di Universitas Widyatama Bandung adalah bagaimana memberikan layanan yang terbaik kepada konsumen, baik konsumen internal maupun konsumen eksternal yang berada di luar perusahaan. Hal ini saya dapatkan ketika mendapatkan pelatihan yang diberikan oleh perusahaan.


Hmmmmm….. rasanya hal ini menjadi sebuah asset yang sangat berharga bagi saya untuk menjadi seorang pensiunpreneur dimana hal yang sangat mendasar untuk melayani konsumen itu adalah sejauh mana saya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, khususnya konsumen selain karyawan yang bekerja kepada saya. Hal ini seringkali disebut dengan konsep empathy atau empati.


Konsep empaty menjadi salah kunci untuk mengembangkan perusahaan dan begitu juga dengan karyawan yang akan menjadi seorang pensiunpreneur. Bisnis yang dikembangkan oleh pensiunpreneur melibatkan berbagai orang untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan diawal dimana mereka harus fokus pada pencapaian tujuan perusahaan. ingat, konsep manajemen yang selalu saya pegang yaitu bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.


Keberadaan beberapa orang dalam sebuah perusahaan yang dibangun oleh pensiunpreneur itu harus dilihat sebagai sebuah hal yang sangat mendasar karena setiap orang dalam perusahaan memiliki rasa atau emosi selain logika dan raga. Rasa ini menjadi faktor utama untuk menggerakkan orang untuk bisa bekerja agar bisa mencapai tujuan perusahaan. inilah yang seringkali kurang dimiliki oleh entrepreneur yang belum pernah bekerja.


Ada rasa ego yang dimiliki oleh setiap entrepreneur yang tidak pernah bekerja selain juga kurang memiliki pengetahuan sampai dengan keterampilan dalam mengelola empati tersebut. Akibatnya, tentu banyak entrepreneur yang gagal memahami apa yang dirasakan oleh karyawan maupun konsumen.


Oleh karena itu, setiap karyawan yang menjadi pensiunpreneuur harus bersyukur dengan apa yang sudah didapatkan selama bekerja di perusahaan orang lain, khususnya pengetahuan dan pengalaman dalam memberikan layanan kepada orang lain dan ada rasa empati atau merasakan apa yang dirasakan oleh setiap karyawan dan juga konsumen  yang akan dilayani oleh setiap pensiunpreneur sehingga mereka puas dan loyal kepada perusahaan. 


Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: