Tidak ada kata berhenti dari seorang pensiunpreneur untuk belajar karena inilah yang menjadi salah satu karakteristik entrepreneur untuk sukses. Hal ini sangat terlihat pada diri Lilis Komariah yang menjadi narasumber pada program Pensiunpreneur Siapa Takut yang sudah tayang di Bandung TV dan siaran ulang di www.strabiztv.com. Talkshow tentang pensiunpreneur siapa takut menjadi penting dan bahkan menggambarkan bagaimana LIlis tidak pernah berhenti untuk menjadi seorang pembelajar.

“Saya terus belajar dari siapapun untuk bisa meningkatkan kualitas bisnis dan manajemen Cireng Ls” kata Lilis. Hal ini menjadi perhatian utama Lilis dalam belajar bisnis karena menyadari bahwa bisnis itu terus berkembang seiring dengan perubahan lingkungan bisnis yang selalu terjadi dan tidak pasti yang membuat bisnisnya akan terancam untuk bangkrut.

“Saya ikut program Pencetakan seratus ribu wirausaha baru Jawa Barat dan seminar serta pelatihan lainnya” tambah Lilis. Kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh Lilis dapat dilihat dari foto-foto yang dipajang di web pribadinya sampai dengan web perusahaan dan ini memperlihatkan bagaimana keaktifan Lilis untuk terus meningkatkan kualitas diri dan bisnis melalui belajar. Belajar, belajar dan belajar serta berlatih untuk kepentingan pengembangan diri dan bisnisnya.

Dalam konteks Integrated Successful Pensiunpreneur Model (ISP Model) jelas sekali bahwa sejatinya seorang pensiunpreneur itu dituntut untuk terus belajar karena berhubungan dengan pentingkatan Talent atau bakat yang harus semakin diketahui dan dipahami dengan baik. Belajar itu dapat meningkatkan pengetahuan tentang potensi diri dan passion. Demikian juga pengetahuan tentang entrepreneurship sehingga meningkatkan mindset, pengetahuan tentang bisnis sehingga dapat membuat keputusan tentang bisnis serta manajemen sehingga dapat meningkatkan skill yang berhubungan dengan managerial, baik hard skill maupun soft skill.

Pembelajaran juga dapat meningkatkan attitude atau sikap yang professional dalam menjalankan bisnis, demikian juga dengan morale yang berhubungan dengan keyakinan terhadap bisnis yang dijalankan, kedisiplinan sampai dengan antusiasme. Hal ini akan menjadi point utama dalam konteks belajar. Jadi, inspirasi yang diberikan oleh Lilis dalam bentuk terus belajar menjadi sangat bermakna bagi setiap pensiunpreneur karena memberikan value yang sangat luar biasa bagi diri dan bisnis para pensiunpreneur untuk mencapai sukses.

Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang
memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: