Setiap karyawan seringkali terjebak dengan pilihan menjadi entrepreneur atau tidak setelah meninggalkan pekerjaan sebagai seorang karyawan. hal ini sangat terasa kepada karyawan yang akan menyelesaikan status mereka sebagai karyawan perusahaan yang sudah mengabdi kepada perusahaan orang lain yang tidak hanya dalam hitungan belasan tahun, akan teteapi sampai dengan puluhan tahun.


Hal ini menjadi wajar karena berhubungan dengan bagaimana setiap karyawan memiliki hubungan yang terbatas dengan perusahaan. oleh karena itu, perlu dipahami bahwa ada waktunya mereka itu harus membuat keputusan setelah bekerja di perusahaan dengan menjadi entrepreneur atau tidak. Pilihan ini akan selalu ada karena setelah menjadi karyawan, masih ada pilihan bekerja kembali di perusahaan orang lain atau istirahat saja selain menjadi entrepreneur tentunya.


Pilihan bisnis yang bisa diambil oleh entrepreneur adalah bagaimana mereka bisa menjadi seorang pebisnis dengan basis hobi yang sudah dimiliki. Hobi itu bisa menjadi sebuah pilihan bisnis yang bisa dikembangkan oleh entrepeneur. Pelajaran yang sangat saya rasakan adalah ketika saya sangat senang dengan melakukan riset bisnis dan manajemen, memberikan konsultasi sampai dengan memberikan pelatihan serta menjadi pembicara di depan publik dan menulis tentang bisnis dan manajemen.


Inilah hobi saya yang memang sudah saya lakukan sejak kuliah di strata S1 dulu. Aktivitas-aktivitas riset, konsultasi, memberikan training, menjadi pembicara dan menjadi penulis sudah menjadi hobi yang sangat saya sukai. Bahkan sampai dengan bekerja di perusahaan orang lain tahun 2001 – 2003, menjadi dosen di Universitas Widyatama Bandung serta membangun bisnis. semuanya berbasis kepada hobi saya tersebut.


Hasilnya? Alhamdulillah selama proses yang ada, saya menikmati melakukan riset, konsultasi, training, menjadi pembicara dan juga menjadi penulis. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh karyawan yang berbisnis dengan basis hobi adalah selalu menikmati proses yang terjadi dalam perusahaan, baik itu dalam bentuk masalah ataupun kesuksesan. Proses ini bena-benar bisa dinikmati dengan baik.


Selain itu, hasil yang didapatkan oleh entrepreneur juga sangat berbeda dengan bisnis yang dijalankan dengan basis ikut-ikutan. Ada percepatan dalam mencapai hasil bisnis yang didapat selain kualitas hasil yang jauh lebih baik karena akan melihat tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Lalu, analisislah hobi dan hubungkan dengan peluang bisnis yang bisa dijalankan.


Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: