Menjadi seorang pensiunpreneur memang melalui sebuah proses yang tidak mudah karena ini mencari titik yang paling tepat bagi mereka dalam berbisnis. Seringkali pensiunpreneur menemukan bisnis yang tepat tersebut setelah melewati berbagai proses yang mungkin tidak pernah terfikirkan oleh para pensiunpreneur. Ada yang harus menjalankan beberapa kali pilihan bisnis sehingga mereka “jungkir balik” dengan kebangkrutan bisnis.


Demikian juga dengan narasumber Program Pensiunpreneur Siapa Takut yang tayang di Bandung TV dan STRABIZ TV yaitu Agus Santoso. “Saya kalau ditotal sudah menjalankan 13 jenis bisnis untuk menjadi pensiunpreneur dengan pilihan bisnis saat ini” kata Agus dalam salah satu bagian talkshow. Menurut Pak Agus lagi, bisnis yang dijalankan beliau itu bermacam-macam mulai dari kuliner, warnet dan lain-lain. Tapi, beliau tidak kecewa dengan proses yang dilaluinya karena dia yakin, itulah proses yang harus dilalui untuk menemukan bisnis yang sesuai dengan potensi dirinya saat ini yaitu dibidang pendidikan dengan nama GIMB Foundation.


Saya juga merasakan hal yang sama yaitu proses  yang harus saya lewati dalam memilih bisnis. sejak saya kuliah, mulai dari bisnis ikan bawal, bisnis jamur, travel, benang sutera, cafĂ© dan lain-lain. Memang saya yakin bahwa kegagalan di bisnis itu menjadi sebuah pelajaran luar biasa bagi saya untuk menemukan bisnis yang saya kerjakan saat ini dibidang riset dan konsultan dan branding activity serta media. Itu adalah sebuah proses u ntuk menemukan bisnis yang paling tepat dengan saya.


Bagi para karyawan yang ingin menjadi pensiunpreneur, memang diharapkan tidak perlu mengalami yang apa saya dang Pak Agus alami dalam penemuan bisnsis yang paling sesuai karena itu memang membutuhkan waktu. Diperlukan seorang coach dan mentor yang dapat melihat potensi diri dan juga passion sehingga dengan lebih cepat ditemui bisnis yang sesuai dengan mereka. Banyak tool yang sudah dikembangkan.


Kalau saya sendiri dengan STRABIZ Manajemen Bandung mengembangkan sebuah model analisis diri dengan memperhatikan lima hal dalam pemilihan bisnsi yang sesuai dengan diri setiap karyawan yaitu melihat talent atau bakat dari setiap karyawan dengan dua aspek yaitu potensi diri dan passio, kemudian melihat pengetahuan, skill dan attitude mereka yang sesuai dengan bisnis yang dipilih. Terakhir menentukan bisnsi yang mana yang membuat mereka memiliki morale yaitu keyakinan untuk sukses, antusias dan disiplin.


Inilah  yang menjadi inspirasi dari Pak Agus dalam program Pensiunpreneur, Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: