Ketika seorang karyawan memilh untuk menjadi seorang entrepreneuer atau seringkali disebut dengan pensiunpreneur, hal mendasar yang harus dimilikinya adalah keyakinan akan sukses dengan bisnis yang dipilihnya. Begitulah kira-kira pengalaman yang saya dapatkan ketika membangun bisnis riset sampai dengan media. Keyakinan ini membuahkan hasil setelah menjalankan bisnis sejak tahun 2009.


Hal yang sangat mendasar adalah setiap karyawan dalam memilih bisnis yang akan dijalankan dan yang akan dikembangkan memang keyakinan. Seberapa yakin seorang karyawan dengan bisnis yang dipilih, akan menentukan sejauh mana bisnis itu akan berhasil, apalagi dalam konteks mereka menjalankan bisnis selama lima tahun. Hal ini menjadi kunci sukses setiap karyawan dalam berbisnis.


Kembali ke pengalaman dalam membangun riset, konsultan, training dan media dibidang manajemen yang dikhususkan bagi pengembangan entrepreneurship di Indonesia. Saya melihat potensi diri di riset karena sukanya melakukan penelitian terhadap bisnis dan manajemen. Setelah itu, melihat jarang sekali orang yang fokus kepada riset, konsultan dan training tentang manajemen pada diri seorang entrepreneur. mereka hanya fokus memulai dan menjalankan bisnis dan belum terlalu berbasis kepada pengetahuan bisnis dan manajemen.


Mulailah saya fokus berbisnis dibidang riset, konsultan dan training tentang entrepreneurship. Hasil riset saya masukkan ke dalam seminar nasional maupun internasional sehingga ada sebuah model yang saya dapatkan. Lalu, saya berikan konsultasi kepada entrepreneur serta training yang pada akhirnya, para entrepreneur mulai percaya kepada saya. Tidak hanya itu, perusahaan yang memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) dan pensinpreneur pun mulai mempercayakan sharingnya kepada saya.


Selain itu, saya memiliki potensi diri dan passion dalam menulis artikel. Saya juga melihat, media jarang yang memberikan edukasi tentang entrepreneurship berbasis knowledge, sementara, entrepreneur membutuhkan knowledge, skill dan attitude (KSA) secara terus menerus dengan biaya yang murah dan cara yang mudah. Disinilah keyakinan saya bahwa mengembangkan media menjadi salah satu peluang yang bisa membuat saya sukses menjadi pensiunpreneur.


Sekarang, setelah saya jalani sejak tahun 2009, Alhamdulillah, keyakinan ini mulai memperlihatkan bagaimana sebuah bisnis yang dimulai dengan ponteisi diri, passion, knowledge, skill, attitude, morale yang didasarkan kepada keyakinan akan keberhasilan bisnis ini bisa membuat seorang entrepreneur berhasil dalam bisnis. tentu juga tidak lepas dari doa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, seorang karyawan yang memilih bisnis sudah sejatinya memiliki keyakinan terhadap bisnis tersebut.


Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: