Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas sharing yang selama ini diberikan dalam program Belbiz on Radio ini karena dapat memberikan manfaat yang luar biasa kepada saya dalam berbisnis. Dalam kesempatan ini, saya mohon dijelaskan kembali tentang konsep CSR dalam bisnis dan bagaimana keterhubungannya dengan profit yang selalu dianggap sebagai tujuan yang hendak dicapai oleh setiap entrepreneur.
Waalaikum salam wr. Wb.
Lisda, Mhd Ramdan

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan melalui program Belbiz ini dan perlu diketahui, Belbiz on Radio memang menjadi sebuah media pembelajaran alternative untuk para entrepreneur agar bisa mengembangkan bisnis masing-masing.



Bicara tentang CSR, merupakan salah satu bentuk strategi bisnis yang harus diambil oleh para entrepreneur saat ini karena berhubungan dengan bagaimana seorang entrepreneur harus memberikan manfaat bisnis mereka kepada owner berupa profit, manfaat kepada masyarakat yang disebut dengan people sampai manfaat kepada alam yaitu profit. Hal inilah yang mendasari bagaimana program Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi program yang membuat setiap entrepreneur atau pun manajemen perusahaan harus lakukan.



Dalam konteks ini, sudah timbul kesadaran dari para entrepreneur dan pemilik perusahaan untuk tidak hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga masyarakat dan alam agar bisa membuat bisnis mencapai sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Oleh karena itu, manajemen akan memberikan sebagian rejeki mereka kepada masyarakat di sekitar perusahaan mereka beroperasi.



Disinilah peluang bagi para pelaku usaha, khususnya para entrepreneur dalam menumbuhkembangkan bisnis yaitu bisa memanfaatkan program CSR untuk mendapatkan pendanaan dari perusahaan serta peningkatan kualitas diri dan manajemen dalam menjalankan bisnis karena adanya program pelatihan dari perusahaan.



Adapun hubungannya dengan profit, sudah jelas bagiamana tujuan bisnis itu saat ini ada tiga yaitu profit, people dan planet. Inilah  yang harus dipahami oleh para entrepreneur.



Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: