Setelah kunjungan Raja Salman ke Indonesia dengan berbagai peluang yang sudah diberikan dan bahkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU) antara Presiden Jokowi dengan pemerintah Arab Saudi, merupakan momentum yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia. Ada benefit yang luar biasa, minimal ketika kungjungan berlangsung, geliat ekonomi bangsa menjadi tinggi dimana banyak daerah yang dikunjungi dan juga peluang bisnis yang terjadi. Lihat saja di Jakarta, Bogor dan Bali yang merupakan destinasi kungjungan raja Salman.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang berharga dari kunjungan ini. Sesuatu yang menjadi dasar bagi seorang entrepreneur adalah peluang yang dihasilkan dari setiap kejadian dan ini konteksnya adalah politik. Ada peluang dari MOU yang sudah ditanda tangani oleh pemerintah dan ini harus menjadi dasar untuk mengembangkan bisnis para entrepreneur. ada peluang berharga dari pemerintah Arab Saudi.


Inilah harus dipahami oleh para entrepreneur dengan baik. kreativitas dan inovasi adalah hal yang menjadi kunci sukses entrepreneur dalam menjalankan bisnis, termasuk melihat peluang yang dihasilkan oleh kunjungan Raja Salman ini. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dimiliki adalah mindset kewirausahaan dimana dari kunjungan ini ada peluang yang harus dihubungkan dengan bisnis para entrepreneur dan kemudian memanfaatkan peluang tersebut untuk kepentingan bisnis. Hal ini adalah awal yang harus dilakukan oleh para entrepreneur.


Hal ini bisa diawali dengan memahami MOU yang sudah dibuat dan mencari sisi peluang dari MOU tersebut. Temuan kami, seringkali entrepreneur kurang memahami MOU yang sudah ditandatangani oleh pemerintah karena tidak membacanya dengan baik. Tentu tidak akan diketahui apa peluang tersebut.


Selanjutnya adalah menghubungkan antara peluang yang ada dengan bisnis sehingga terlihat dimana entrepreneur bisa memanfaatkan peluang itu. Korelasi dengan bisnis menjadi salah satu kunci sukses entrepreneur dalam melihat peluaung bisnis dari MOU. Barulah setelah itu mengambil keputusan untuk kepentingan usaha. Dalam konteks ini, entrepreneur perlu melakukan pendekatan kepada pemerintah yang notabene sebagai pihak  yang memiliki kuasa atas peluang menjalankan MOU. Jelas ini menjadi penting karena seringkali entrepreneur sungkan dengan pemerintah. Padahal, pemerintah juga membutuhkan entrepreneur.


Disinilah entrepreneur harus fokus kepada aksi menjalankan program yang diberikan pemerintah untuk memanfaatkan peluang dari MOU tersebut. Akhirnya, tentu entrepreneur berharap kunjungan ini tidak sia-sia.. bagaimana dengan anda? Hmmm..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: