Assalamualaikum wr. Wb.
Perkenalkan nama saya Suryadi dan tinggal di Bandung. Belum lama ini, ada yang ngaku dari PLN dan menawarkan tutup meteran listrik dan bilang wajib di beli, apakah cara menjual itu bisa dijadikan strategi yang benar?
Wassalam
Suryadi, Pasir Kaliki

Waalaikumsalam wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan Alhamdulillah, program ini terus memberikan manfaat bagi sahabat belbiz dalam meningkatkan knowledge, skill dan attitude dalam menjalankan bisnis.

Menawarkan produk seperti yang Bapak sampaikan bisa menjadi salah satu bentuk strategi dalam bisnis. kenapa demikian? Saya yakin orang tersebut sudah menganalisis kondisi lingkungan  yang menyertai bisnis yang dijalankan. Bisa dilihat bagaimana dia menyasar perumahan yang notabene pasti tidak terlalu memikirkan kondisi uang dan juga lebih mudah di pengaruhi karena tidak mengetahui apa yang dibeuat kebijakan oleh PLN.

Hanya saja, bicara tentang strategi bisnis, harus memperhatikan juga etika bisnis karena berhubungan dengan bagaimana bisnis tidak bertentangan dengan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat yaitu norma agama, norma hukum, norma yang berlaku di lingkungan sosial dan bahkan budaya yang dipegang oleh masyarakat. Hal ini tentu menjadi kunci sukses para entrepreneur dalam berbisnis.

Sejatinya, orang tersebut tidak hanya memahami perilaku konsumen, akan tetapi, juga norma yang berlaku di masyarakat sehingga strategi juga tetap berdasarkan kepada etika bisnis yang sejatinya bisa membuat bisnis akan jauh lebih sustainable dibandingkan dengan bisnis yang tidak mengikuti etika bisnis. strateginya menjadi salah dan tidak tepat kalau tidak memperhatikan etika bisnis.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: