Kemaren, pengalaman berharga yang didapatkan dari satu kasus yang dihadapi oleh calon juara dalam bisnis atau dengan memilih menjadi seorang entrepreneur. awalnya biasa saja, akan tetapi, tidak demikian halnya bila seseorang untuk menjadi juara.


Sesuatu yang sederhana dan kecil, bisa jadi batu sandungan untuk setiap calon juara agar menang dalam setiap perjuangan yang dilakukan. sesuatu yang bagi banyak orang, mungkin tidak perlu. Akan tetapi, tidak buat setiap calon juara yang benar-benar ingin sukses dalam setiap pilihannya, apalagi dalam bisnis.


Satu kata untuk itu adalah disiplin. Sebagai coach, tentu tidak mudah untuk membuat setiap anak binaan menjadi disiplin dalam setiap aktivitas yang dijalankan atau dipilih oleh para entrepreneur.


Kemaren, anak itu tidak membuat tugas yang sudah ditetapkan diawal padahal sudah menjadi kesepakatan bahwa apa yang sudah ditetapkan tersebut harus dijalankan oleh calon juara. Tidak ada alasan untuk tidak menjalankannya sehingga bila tidak menjalankannya, tentu ada punishment yang harus diberikan kepada beliau. tidak ada pengecualian untuk tidak menerima punishment.


Dengan negosiasi yang alot, beliau berharap saya bisa mengurangi hukuman karena terlalu besar secara material yang harus beliau beli agar bisa kembali bergabung dengan kelas untuk belajar. Seorang coach, tidak mau ada negosiasi dnegan anak binaan karena memang harus konsisten dengan apa yang sudah diucapkan.


Akhirnya, beliau memenuhi hukuman yang harus dijalankan meskipun dengan berbagai alasan dan negosiasi. Tetap bagi saya tidak berubah.


Pelajaran apa yang ingin saya share kepada calon juara lainnya adalah bagaimana setiap calon juara harus menegakkan disiplin untuk menjadi juara. Peran seorang coach sangat strategis untuk membuat mereka disiplin dengan apa yang sudah disepakati untuk mencapai tujuan.


Disiplin memang sudah seringkali didengar oleh banyak orang. Disiplin adalah konsep yang gampang untuk diucapkan, akan tetapi membutuhkan effort yang luar biasa untuk terus menegakkan disiplin tersebut. pengorbanan waktu, tenaga, fikiran dan bahkan bentuk uang terus bisa disiplin.


           Anak tadi bilang bahwa beliau tidak punya waktu mengerjakan apa yang diperintahkan karena sibuk dengan aktivitas bisnis. Saya juga bilang, saya juga pebisnis dan mau jadi juara, akan tetapi, selalu saya berikan waktu satu jam untuk menulis di web karena tugasnya adalah menulis di web masing-masing.


Pengorbanan waktu satu jam ini harus dimaknai bahwa memang waktu itu penting tetapi, bisa dimanage untuk aktivitas yang penting bagi setiap calon juara. Pengorbanan kedua adalah tenaga. Jangan terjebak pada kegiatan-kegiatan yang tidak relevan dengan pencapaian tujuan menjadi juara. Tenaga itu penting karena tanpa action, apa yang diharapkan menjadi sia-sia dan tidak akan pernah bisa tercapai.


Berlatih itu adalah contoh aktivitas yang harus dilakukan dan ini harus disiplin dalam menjalankannya. Tidak ada alasa untuk tidak mengorbankan tenaga tersebut. harus disiplin.


Pengorbanan fikiran adalah aspek yang penting juga karena fikiran ini lah yang membuat setiap orang bisa konsistensi menjalankan apa yang sudah ditetapkan. Bila fikiran agak “longgar” terhadap apa yang sudah disepakati,  menjadi longgar pula apa yang dilakukan. saya tidak membiarkan anak didik kemaren untuk memiliki persepsi, biarin aja pak meriza bisa memahami apa yang saya lakukan.


Tidak berlaku akan hal itu bagi saya. Tidak mau beliau berpersepsi seperti itu. Tidak ada pengecualian. Biarlah mereka marah atau kecewa, akan tetapi, mereka akan sadar dengan apa yang sudah dilakukan.


Pengorbanan terakhir adalah berhubungan dengan uang. Memang kemaren menjadi beban buat beliau karena harus membeli coklat sebagai bentuk hukuman yang tidak menjalankan apa yang sudah disepakati. Tetapi, pelajaran beharga buat beliau adalah kalau dengan pak meriza, sebagai coach, tidak ada toleransi untuk kesalahan yang sudah dilakukan.


Inilah pelajaran yang sangat berharga berupa disiplin untuk calon juara. Calon juara tersebut dihasilkan oleh perjuangan yang tidak mudah dan ringan. Juara itu dihasilkan dari usaha yang luar biasa dan disiplin tinggi. salam juara....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: