Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas kesempatan untuk bertanya dalam program Belbiz ini dan saya Nizar, tinggal di Bandung, ingin menanyakan tentang kunci sukses bisnis kuliner. Banyak kuliner sangat laris padahal tempatnya hanya sederhana tapi yang datang bisa orang orang menengah ke atas, sebenarnya konep marketing yang jadi awal daya tarik itu brand ataukan taste dan cita rasanya dulu yang kita tonjolkan?
Waalaikum salam wr. Wb.
Nizar, Bandung,

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan semoga Belbiz akan terus bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan diri dan bisnis para entrepreneur.

Bisnis kuliner memiliki karakteristik tertentu sehingga memiliki perbedaan dengan bisnis yang lain. Satu hal yang paling menentukan dalam bisnis kuliner adalah rasa atau taste karena ini adalah core benefit dari sebuah kuliner. Rasa itu akan menentukan bagaimana tanggapan dari setiap konsumen terhadap bisnis atau kuliner yang ditawarkan. Bahkan ini menjadi pembanding bagi setiap konsumen ketika ditawarkan dua produk kuliner yang saling memiliki kesamaan.

Satu lagi yang paling penting bahwa rasa itu menjadi penentu penilaian sebuah produk kuliner oleh konsumen. oleh karena itu, memang sejatinya setiap entrepreneur yang berbisnis kuliner, harus benar-benar memutuskan untuk menetapkan rasa yang sesuai dengan need, want dan demand pasar serta harus lebih unggul dibandingkan dengan pesaing. Kalau boleh dibilang, inilah basic need dari setiap konsumen untuk membeli sebuah produk kuliner.

Barulah setelah itu memperhatikan marketing program bagi setiap produk kuliner yaitu mulai dari segmentasi, penetapan target pasar, positioning serta marketing program. Hal ini dilakukan setelah setiap entrepreneur menetapkan rasa yang paling tepat tadi.

Setelah itu, jangan lupa konsep customer satisfaction dan customer loyalty sebagai bentuk evaluasi atas setiap program pemasaran serta produk yang ditawarkan kepada konsumen.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: