Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk memberikan materi kepada para siswa GIMB Entrepreneur school yang termasuk materi awal dalam setiap pendidikan dan pelatihan. Materi yang menarik tadi malam adalah pertanyaan dari seorang siswa yaitu Rifki tentang konsep sustainability dalam setiap bisnis. Selama ini, baru tadi malam yang bertanya tentang konsep sustainability dalam bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur.


Hal ini mengingatkan saya pada konsep strategi yang memang selalu disampaikan dalam konsep bisnis. Tujuan bisnis itu salah satunya sustainability atau keberlanjutan setiap bisnis minimal 10 tahun. Konsep ini berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur harus menjadi ahli strategi dimana salah satu karakternya adalah membuat bisnis yang berjangka panjang.


Sustainability ini berhubungan dengan bagaimana setiap bisnis yang dibangun oleh para entrepreneur bisa memiliki siklus hidup untuk jangka panjang. Apakah adanya di mindset atau dalam bisnis itu sendiri? konsep sustainability adanya di dalam bisnis itu sendiri, meskipun ada bisnis yang dijual kepada pihak yang lain, akan tetapi, pasti ada satu rencana bisnis yang lebih besar yang dipegang oleh para entrepeneur.


Oleh karena itu, bagaimana setiap entrepreneur sudah membangun bisnis mereka dalam kerangka jangka waktu jangka panjang yang dalam bahasa umum yang saya dapatkan adalah minimal 10 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa butuh 10 tahun bagi entrepreneur untuk membangun bisnis mereka secara sistem agar bisa berjalan secara sendiri dan bisa ditinggalkan.


so, saatnya setiap entrepreneur untuk mulai memahami bahwa bisnis itu dibuat untuk jangka panjang yaitu minimal 10 tahun agar bisa membuat bisnisnya berjalan sendiri dan tersistem dengan baik. itulah tantangannya.. sukses buat kita semua..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: