Assalamualaikum wr. Wb .
Perkenalkan nama saya Syamsudin, bagaimana caranya agar bisnis yang dijalankan bisa bersinergi dengan lingkungan sekitar karena tidak sedikit perusahaan yang bermasalah dengan masyarakat sekitar?
Wassalam
Syamsudin, Lembang

Waaalaikum salam
Terima kasih Pak Syamsudin atas pertanyaannya dan pastinya banyak juga yang mengalami hal yang sama, baik pada tingkatan skala bisnis mikro, kecil, menengah ataupun besar. Permasalahan dengan lingkungan masyarakat itu menjadi hal yang berhubungan dengan bisnis.

Oleh karena itu, bagi para entrepreneur, perlu menyadari konsep bisnis tidak bisa dilepaskan dari lingkungan bisnis, khususnya alam dan masyarakat sekitar. Hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur mampu melihat itu adalah nyata. Tidak bisa diabaikan kondisi masyarakat yang berada di sekitar bisnis para entrepreneur dan bahkan mereka bisa menjadi peluang selain tentunya juga ancaman.

Yang kedua adalah bagaimana entrepreneur itu memahami need, want dan demand dari masyarakat sekitar. Hal ini berhubungan dengan kondisi social masyarakat sekitar. Pemetaan kondisi masyarakat menjadi kunci sukses dalam berbisnis. Sediakan waktu para entrepreneur untuk mengenali masyarakat yang ada. Setelah itu, akan diketahui need, want dan demand mereka.

Selanjutnya adalah bagaimana menghubungkan need wand demand serta budaya masyarakat sekitar dengan perusahaan. Hal ini dilakukan untuk kepentingan menghubungkan antara apa kondisi masyarakat dengan apa yang ada di perusahaan. Tujuannya untuk mencari titik temu yang akan bisa menghubungkan kekuatan diri dan juga kebutuhan pasar.

Pada akhirnya, komunikasikan apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat karena dengan komunikasi itu akan terbangun saling kesepahaman. Inilah yang bisa dilakukan oleh para entrepreneur dengan lingkungan.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: