Assalamualaikum wr. wb.
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya dalam proses saya terus belajar untuk menjadi wirausaha yang sukses dalam bisnis karena saya semakin sadar dibutuhkan ilmu untuk menjalankan bisnis. pertanyaan saya adalah karakter seperti apa yang harus dimiliki oleh wirausaha bila usaha belum berhasil..
Waalaikum salam wr. Wb.
Ahmad, melong

Wasalamualakum wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami untuk bisa memberikan value kepada kang Ahmad dalam menjalankan bisnis. semoga, program ini akan terus menebarkan manfaat bagi banyak orang.

Kegagalan adalah proses yang pasti dilewati oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis karena berhubungan dengan bagaimana mereka mencapai kesuksesan yang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Banyak orang yang menganggap bahwa bisnis itu gampang, dan seringkali lupa tentang kegagalan sebagai bagian dari proses untuk mencapai kesuksesan. Bahkan, dalam konteks entrepreneurship, semakin cepat gagal, semakin cepat berhasil.

Karakteristik yang diperlukan untuk bangkit dari kegagalan adalah bagaimana wirausaha itu harus benar-benar memiliki keberanian menanggung resiko dari bisnis yang dijalankan. Hal ini penting untuk dicemati dengan baik karena berhubungan dengan bagaimana wirausaha itu mampu  melihat resiko berupa kerugian dalam bentuk gagal itu pasti akan terjadi dan tinggal bagaimana mereka bisa mengupayakan minimalisir dari kemungkinan resiko atau gagal.

Selanjutnya adalah cepat tanggap dan kembali lagi kepada situasi dimana mereka harus bangkit dari kegagalan. Ingat, kegagalan itu adalah proses pembelajaran yang sangat penting bagi wirausaha dimana dari kegagalan, akan muncul proses pembelajaran. Wirausaha harus bisa melihat gagal itu sebagai sebuah proses untuk maju dan melihat dimana kelemahan dari kegagalan tersebut.

Setelah itu ditemukan, waktunya untuk bangkit dari kegagalan dan bahkan membuat jauh  lebih baik untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh diri sendiri dalam berbisnis. Hal ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis khususnya kecepatan membuat keputusan dan bertindak setelah melalui kegagalan dalam bisnis.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: