Ada satu hal yang menarik perhatian rakyat Indonesia saat ini yaitu bagaimana pemilihan kepala daerah (Pemilukada) DKI Jakata yang diwarnai oleh pembagian sembako kepada warga di masa tenang menjelang hari pemilihan tanggal 19 April dan sebenarnya dilarang oleh Undang-Undang. Hanya saja, masih ada aktivitas yang dilakukan oleh salah satu calon gubernur dan kegiatannya malah dikawal oleh aparat yang seharusnya melarang kegiatan ini. Tentu aktivitas ini bertentangan dengan aturan yang ada karena akan merusak konsep diri seorang calon gubernur.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini memberikan sebuah pelajaran yang sangat berharga karena berhubungan dengan bagaimana seharusnya seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnis. konsep seorang entrepreneur yang harus menjalankan etika dan taat hukum harus menjadi bagian dari mindset mereka karena ketika ini bisa dimiliki oleh para entrepreneur, maka bisnis yang dijalankan akan dapat berjalan dengan baik bahkan tumbuh dan berkembang dalam jangka waktu lama.


Memang tidaklah mudah untuk bisa menjalankan peran seperti ini karena harus diawali dari sebuah mindset yaitu sebuah pola pikir yang berubah menjadi sikap mental. Pola pikir itu menggambarkan bahwa mereka harus benar-benar memiliki pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan mau melakukan bisnis sesuai dengan aturan. Jadi, hal mendasar yang harus dimiliki adalah bagaimana pemahaman tentang etika bisnis dan aturan bisnis yang ada di Negara ini.


Pemahaman ini adalah mendasar bagi setiap entrepreneur yaitu bagaimana pengetahuan yang mendalam tentang aturan dan etika serta bagaimana melihat keterhubungannya dengan bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur itu sendiri. Dalam konteks ini, jelas sekali langkah yang mendasar bagi entrepreneur adalah bagaimana entrepreneur harus bisa mempelejari setiap aspek dalam hokum.


Barulah setelah itu, setiap entrepreneur harus bisa menjalankan setiap regulasi dan aturan yang berhubungan dengan bisnis mereka secara optimal. Komitmen untuk menjalankan etika bisnis dan aturan dalam bisnis itu menjadi point utama karena percuma memiliki pengetahuan dan keterampilan kalau tidak dijalankan dengan baik.


Oleh karena itu, sudah waktunya entrepreneur itu harus memiliki pengetahuan dan kesadaran serta berkomitmen untuk menjalankan setiap etika bisnis dan aturan bisnis tersebut. Bagaimana dengan anda? Hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: