Kelas entrepreneurship adalah kelas yang paling menarik buat saya ketika bisa menjadi dosen yang bisa membagikan ilmu kepada para entrepreneur dan juga berbagi pengalaman kepada mereka. Kesempatan yang mungkin tidak bisa dimiliki oleh setiap entrepreneur untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Hal ini perlu saya syukuri. Dengan adanya kesempatan ini, bisa juga membuat saya lebih mengerti dan memahami konsep entrepreneurship dan bahkan meningkatkan kemampuan dalam bisnis.


Satu hal yang paling penting untuk menjadi pembina bagi entrepreneur adalah bisa menjadi seorang leader bagi mereka. Entrepreneur membutuhkan arahan dan bimbingan dalam binsis sehingga sangat penting untuk dipahami bahwa bisnis itu harus dibimbing agar bisa membuat keputusan yang tepat dan efisien dalam kerangka dapat mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet dan sustainability serta tumbuh dan berkembang untuk jangka waktu minimal 10 tahun yang akan datang.  


Kepemimpinan berangkat dari konsep bagaimana seseorang entrepreneru bisa mempengaruhi orang lain agar bisa mencapai tujuans ecara efektif dan efisien. Jadi, kata kunci kepemimpinan ini adalah kemampuan mempengaruhi orang lain. Konsep pengaruh begitu penting karena dalam bisnis, manajemen adalah bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan. Jelas dalam hal ini entrepreneur harus bekerja dengan orang lain dan tidak bisa bekerja sendiri.


Untuk menggerakkan ini, sangat penting kepemimpinan, demikian juga kalau menjadi pembina mereka. Sekarang, fokus kepada bagaimana membuat karyawan perusahaan untuk bisa menjalankan berbagai program keuangan dan akuntansi, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia dalam perusahaan. Program bisa saja  dibuat semenarik mungkin, akan tetapi, tetap yang menentukan adalah bagaimana menjalankannya dan untuk itu, leadership seorang entrepreneur lah yang menentukannya.


Salah satu metode kepemimpinan yang optimal saat ini adalah dengan menjadi seorang coach bagi anggota perusahaan. Coaching bisa menjadi pilihan tepat ketika seseorang harus menjadi leader yang efektif dan mampu menggerakkan banyak orang dalam perusahaan mereka. kemampuan dalam coaching ini akan bisa menciptakan karyawan-karywan yang siap menjadi pemimpin masa depan di perusahaan para entrepeneur.


Coaching berperan seperti layaknya seorang pelatih dalam sebuah kesebelasan sepak bola dan menjadi penentuk keberhasilan tim dalam mencapai tujuan mereka yaitu menang dalam setiap pertandingan. Coach akan mengarahkan entrepreneur untuk membuat keputusan yang optimal bagi perusahaan. dengan pengetahuan dan pengalaman serta attitude yang mereka miliki, akan bisa memberikan value bagi karyawan dalam perusahaan.


Oleh karena itu, saat nya seorang entrepreneur mengembangkan diri dengan menciptakan diri sebagai coach bagi karyawan dan bawahan dalam menjalankan berbagai program perusahaan. belajarlah menjadi seorang coach bagi bawahan akan memberikan dampak luar biasa bagi perusahaan saat ini dan yang akan datang. Perusahaan yang dibangun oleh entrepreneru sangat membutuhkan leadership seorang coach dalam membangun bisnis dan mencapai tujuannya. So, it’s time for every entrepreneur to be a coach in their business........
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: