Program Belbiz On Radio K-Lite 107,1 FM pada hari Jumat, 14 April 2017 membahas satu tema yang sangat penting dan bernilai bagi para entrepreneur yaitu bagaimana kepedulian seorang entrepreneur kepada lingkungan, baik lingkungan social ataupun lingkungan alam. Hal ini dibahas oleh Meriza Hendri, CEO PT Strabiz Manajemen Bandung dengan teman-teman dari HIPMI Peduli Jawa Barat (HPJ) yaitu Helma, Melati dan Etsa.


“Para entrepreneur tidak boleh hanya fokus pada bisnis dalam konteks profit, tetapi harus menyeimbangkan dengan pepole dan planet” kata Meriza, memberikan pengantar dalam talkshow Belbiz. Hakekat seorang entrepreneur adalah bagaimana bisa melihat dan/atau menciptakan peluang dan merubahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis bagi diri sendiri, orang lain dan alam dalam jangka panjang, tambah Meriza


Oleh karena itu, seorang entrepreneur wajib bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan alam. Helma, salah seorang pengurus HIpmi Peduli Jabar menggambarkan bagaimana organisasi otonom dibawah HIPMI berkontribusi pada masyarakat dengan mengadakan berbagai kegiatan dibidang pendidikan, masyarakat yang terkena bencana sampai dengan pengembangan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. “HPJ memiliki kegiatan yang berorientasi pada masyarakat” kata Helma.


Etsa, salah seorang pengurus HPJ di kompartemen pendidikan, menjelaskan bagaimana bidang pendidikan menjadi salah satu bidang yang dibantu oleh para entrepreneur yang tergabung dalam organisasi ini. “Kami fokus juga membantu masyarakat dalam mengembangkan pendidikan” kata Etsa.


Etsa menggambarkan bagaimana kegiatan di Bangka beberapa waktu lalu yang fokus pada membantu masyarakat dalam bidang pendidikan dalam bentuk science center dan mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat.


Kegiatan HPJ dan peluang kerjasama juga disampaikan oleh Melati, sekretaris umum HPJ yang juga hadir dalam kegiatan talkshow ini. Sebagai sebuah organisasi, HPJ fokus pada bagimana entrepreneur yang memiliki keinginan yang sama untuk mencapai tujuan bersama yaitu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. “Kami juga bekerjasama dengan berbagai pihak yang berniat untuk membeirkan manfaat bagi lingkungan masyarakat dan lingkungan alam” kata Melati.


Talkshow Belbiz juga menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh para sahabat Belbiz yang menyampaikan berbagai pertanyaan seputar HPJ dan uga bisnis. pada akhirnya, Meriza memberikan kesimpulan bagaimana sejatinya seorang entrepreneur dalam memberikan kepedulian kepada lingkungan. “Entrepreneur perlu memiliki mindset bahwa mereka itu harus bermanfaat kepada alam dan untuk kegiatan social, perlu sesuai dengan core business setiap entrepreneur dan kebutuhan masyarakat agar bisa terjadi sinergi” kata Meriza.


Selain itu, Meriza juga menambahkan bagaimana entrepreneur bergabung dengan komunitas bisnis untuk bisa bersama-sama memberikan manfaat kepada masyarakat dan apa yang dicontohkan oleh HPJ, menunjukkan kebersamaan itu akan memberikan value yang optimal bagi masyarakat. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: