“Kebutuhan produk-produk entrepreneur akan meningkat melalui online marketing, pak Meriza....” demikianlah celetukan salah seorang binaan GIMB Entrepreneur School yang memang  berbisnis secara online. Beliau sangat bahagia karena hal ini menunjukkan bagaimana revenue yang akan didapat serta berdampak kepada profit beliau. Inilah yang juga membuat saya kaget dan sadar betapa luar biasanya online marketing itu berdampak kepada entrepreneur.

Suka tidak suka, perkembangan online marketing saat ini begitu cepat ditengah tingginya penggunaan internet oleh masyarakat Indonesia. Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari sehingga jumlah penggunanya juga terus meningkat, melalui pemanfaatan smartphone atau juga dengan menggunakan laptop dan PC. Ini merupakan fakta yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur, khususnya yang ada di Kota Bandung dan sekitarnya.

Online marketing
Dalam konsep marketing, ada yang dikenal dengan consumer behavior atau perilaku konsumen dan ini akan terus berubah seiring dengan perubahan lingkungan bisnis yang salah satunya adalah teknologi. Consumer behavior berhubungan dengan bagaimana konsumen itu menentukan masalah, mencari alternatif masalah, mengevaluasi alternatif, memutuskan serta merasakan setelah mereka mengkonsumsi produk tersebut.


Konteks ini berlaku dalam diri konsumen ketika mereka membeli produk dari entrepreneur dan mereka akan mencari value yang paling optimal dimana mereka akan membandingkan benefit yang sebesar-besarnya dan cost yang seminimal mungkin. Jelas, benefit itu adalah produk yang berkualitas, layanan yang prima, orang yang ramah serta image yang tinggi karena mereka membutuhkan citra yang positif dari pembelian produk tersebut.


Sebaliknya mereka akan mencari harga yang relatif rendah, pengorbanan waktu yang rendah, pengorbanan tenaga yang rendah serta pengorbanan psikis yang juga rendah. Hal ini akan berlaku kepada diri setia konsumen dalam mengkonsumsi produk tersebut. suka tidak suka, keberadaan online marketing bisa memberikan benefit yang optimal serta cost yang relatif rendah dalam proses mengevaluasi alternatif dan memutuskan barang yang akan dibeli.


Entrepreneur dan online marketing.
Oleh karena itu, entrepreneur di Kota Bandung harus mulai menjadikan online marketing sebagai salah satu toko yang harus dikelola dengan optimal. Toko tidak harus secara offline di mall atau ditempat yang strategis. Kalaupun sudah memiliki toko off line tersebut, juga harus dibarengi dengan online marketing.


Berdasarkan pengamatan kepada para entrepreneur, banyak yang sudah memiliki toko online dan memiliki nama yang bagus untuk menarik calon konsumen. akan tetapi, belum optimal dalam menjalankan peran sebagai toko yang seharusnya. Hal ini berdampak kepada kontribusi kepada revenue dan profit yang didapatkan.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh setiap entrepreneur dalam mengelola toko online tersebut adalah pertama, mindset harus dirubah bahwa toko online itu adalah toko yang perannya sama dengan toko offline, sehingga perlu dikelola secara optimal. Pengelolaannya layaknya seperti toko off line yang harus ditata dengan baik, dibuka sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, ditawarkan kepada konsumen dan lain-lain.


Kedua, harus dikelola secara professional dimana toko online akan dilihat oleh para konsumen secara keseluruhan dan khususnya tingkat kepercayaan kepada toko tersebut. Layanan harus diberikan kepada konsumen secara prima. Ketiga, perhatikan yang dibutuhkan konsumen yaitu barang yang berkualitas, harga yang bersaing, delivery time yang tepat sehingga membuat konsumen menjadi puas.


Yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur harus bisa menjaga hubungan baik dengan para konsumen melalui program CRM atau customer Relationship Management. Inilah yang perlu dilakukan oleh entrepreneur dengan Online marketing dan memanfaatkan bulan ramadhan ini.... 

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: