Sumber pendanaan dalam bisnis itu ada beberapa. Bisa dari laba yang ditahan, pinjaman perbankan sampai dengan menjual saham kepada publik. Inilah  yang saya dapati ketika membina banyak entrepreneur selama ini.


Penambahan dana bagi bisnis itu adalah salah satu bentuk kegiatan yang harus dilakukan oleh para enrepreneur. Modal tersebut dibunakan untuk ekspansi bisnis dengan tujuan nantinya akan meningkatkan skala bisnis yang dijalankan. Skala ini akan menentukan jumlah profit bisnis tersebut.


Untuk mendapatkan dana tersebut, entrepreneur perlu hati-hati. Itu prinsipnya. Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan dana tersebut. dalam bahasa keuangan, namanya cost of capital. Biaya yang dikeluarkan untuk setiap modal yang didpatkan dari pinjaman tersebut.


Dalam konteks ini, biaya modal tersebut harus lebih kecil daripada laba yang didapatkan dari pemanfaatan pinjaman tersebut,. selisih inilah yang  menjadi profit entrepreneur.


Bagi setiap entrepreneur, hal ini harus menjadi perhatian sebelum mendapatkan pinjaman dana untuk usaha. Jangan asal meminjam dana bila pada akhirnya tidak akan memberikan value bagi perusahaan dalam bentuk selisih laba tadi.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: