Dalam menjalankan perusahaan, PT STRABIZ Manajemen Bandung, saya mendapatkan sebuah pelajaran yang luar biasa di tengah tanggungjawab saya sebagai seorang pensiunpreneur dari PT Asuransi Bintang Tbk dan juga menjadi seorang dosen di salah satu perguruan tinggi di Bandung. Tugas yang tidak ringan karena berstatus sebagai seorang pensiunpreneur untuk bisa memberikan manfaat kepada diri sendiri, keluarga dan juga karyawan yang membutuhkan perusahaan ini untuk tumbuh dan berkembang.

“Saya harus bertanggungjawab atas perkembangan dan tumbuhnya perusahaan ini agar bisa memberikan manfaat bagi stakeholders” demikianlah hal yang saya tanamkan dalam diri agar bisa fokus dalam mengelola perusahaan ini. oleh karena itu, saya merasakan bahwa saya harus mulai melihatkan keluarga dalam bisnis ini agar perusahaan bisa mengalami tumbuh dan berkembang dan dapat memberikan value kepada stakeholders tersebut.

Keterlibatan keluarga dalam perusahaan ini tentu berhubungan dengan bagaimana keluarga memahami bisnis ini sebagai sebuah institusi yang bertujuan untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Pemahaman ini penting dan mendasar karena berhubungan dengan bagaimana keluarga juga paham akan hakekat bisnis yang saya jalankan.

Saya merasakan bahwa ketika ini bisa dipahami oleh anggota keluarga, salah satunya istri saya, maka akan dapat berkontribusi pada bagaimana keluarga berempati dan mendukung keputusan yang dibuat oleh para pensiunpreneur. Miimimal, pemahaman dan dukungan ini akan sangat berarti bagi para pensiunpreneur karena yang saya rasakan, dengan dukungan seperti ini, akan membuat pensiunpreneur dapat menjalankan bisnis dengan tenang serta membuat keputusan bisnis dengan optimal. ingat, yang paling penting adalah bagaimana bisnis para entrepreneur dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya adalah bagaimana membangun komunikasi yang terbuka dengan anggota keluarga dimana segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, dapat diketahui oleh anggota keluarga. Saling pengertian akan membuat pensiunpreneur semakin mendukung bisnis yang dijalankan tersebut. tidak dapat dipungkiri bahwa ini menjadi sumber kekuatan pensiunpreneur.

Hal terakhir yang akan dilakukan adalah melibatkan anggota keluarga dalam kegiatan bisnis. tentu hal ini disesuaikan dengan kapasitas bisnis para pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis. ketika ini bisa dilakukan oleh pensiunpreneur, maka bisnisnya akan semakin kuat.

Lalu, masih takut memilih untuk jadi pensiunpreneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: