Selamat malam K-Lite, saya Jefri di Bojongsong. Mau tanya, apakah dalam memulai bisnis itu diharuskan dulu mengukur kemampuan diri, atau memberanikan dulu mencoba?.Wassalam


Jefri, Bojongsoang,


+6287823124xxx


Selamat malam Jefri,


Terima kasih atas partisipasinya dalah program Belbiz on Radio dan pertanyaan yang disampaikan ini sangat mendasar bagi setiap entrepreneur karena inilah yang membedakan seorang entrepreneur dengan karyawan, apalagi dalam memulai sebuah bisnis y ang akanmenentukan bagaimana kehidupan diri, keluarga, masyarakat nantinya. Para entrepreneur tidak hanya hidup untuk diri sendiri dan untuk itu, harus bisa memutuskan bisnis dengan baik.


Bagi saya, selain konteks pengetahuan akan tetapi lebih kepada pengalaman, kedua hal ini harus dilakukan oleh setiap entrepreneur selain mengukur lingkungan bisnis. ada tiga konteks yang harus menjadi perhatian setiap orang untuk menjadi seorang entrepreneur yaitu mulai dari diri sendiri yaitu mindset, kemampuan diri dalam mengelola organisasi sampai dengan mengukur lingkungan eksternal bisnis. ketiga hal ini saling berhubungan dan akan menentukan tingkat inovasi yang nantinya berhubungan dengan daya saing serta hasil yang dicapai oleh para entrepreneur dalam berbisnis.


Mari kita bahas satu persatu. Setiap entrepreneur harus memiliki mindset atau sikap mental yang salah satunya berani untuk memulai bisnis. sikap mental ini harus menjadi kunci sukses setiap entrepreneur dan untuk itu, keberanian memulai bisnis adalah awal yang harus dimiliki. Tanpa ada keberanian, tidak akan ada kesuksesan yang bisa diraih. Kalau boleh dibilang, NATO… Not Action, Talk Only yang pastinya akan membuat segala sesuatu itu tidak ada.


Yang kedua, entrepreneur harus bisa mengukur diri, khususnya bagaimana pengetahuan dan keterampilan serta kemampuan mereka dalam mengelola keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia serta teknologi informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Hal ini berarti entrepreneur harus mengukur kualitas managerial mereka dalam berbisnis.


Yang tidak kalah penting adalah bagaimana entrepreneur harus bisa mengukur lingkungan bisnis, termasuk potensi pasar, pesaing, distributor, supplier sampai dengan kondisi politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi, geografi dan hukum serta masyarakat. Memang tidak perlu detail akan tetapi, sudah mendapatkan gambaran tentang lingkungan tersebut dan pengaruhnya sebagai peluang atau ancaman. Inilah yang harus dilakukan oleh Jeffri untuk memulai bisnis. jadi, tetapi miliki keberanian setelah mengukur diri dan lingkungan bisnis.


Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: