Beberapa minggu sebelum memasuki bulan Ramadha 1438 H, sudah terlihat iklan yang menayangkan tentang sirup. Demikian juga semarak yang diperlihatkan oleh masyarakat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H. Berbagai aktivitas masyarakat sudah terlihat dalam beberapa minggu ini dan pastinya berbeda dengan yang biasanya. 



Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang bisa diambil oleh para entrepreneur dalam kerangka entrepreneurship, bisnis dan manajemen. Pelajaran yang bisa memberikan value kepada entrepreneur dalam menjalankan bisnis sehingga tetap mencapai sustainable competitive advantage (SCA). 


Pelajaran yang paling penting bagi para entrepreneur adalah bagaimana entrepreneur harus memahami perilaku konsumen atau consumer behavior yang terdiri dari bagaimana entrepreneur dalam memahami need,want dan demand serta keputusan untuk membeli sebuah produk sampai dengan bagaimana mereka merasakan puas atau tidak puas setelah membeli dan menggunakan produk tersebut. 


Dalam konteks ini, entrepreneur perlu melihat dan mempelajari perilaku konsumen pada buan Ramadhan ini. lalu, point nya adalah bagaimana entrepreneur itu mendapatkan data tentang kebiasaan dari setiap entrepreneur. Diantaranya adalah bagaimana kebiasaan membeli produk selama bulan Ramadhan. Ini berhubungan dengan entrepreneur yang harus bisa mendeteksi cara konsumen membeli produk. 


Yang selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur harus bisa menghubungkan kebiasaan para konsumen dengan produk yang mereka jual. Korelasi dengan produk menjadi penting karena inilah esensi dari konsep perilaku konsumen. ketika sudah terlihat hubungannya, maka akan dapat disimpulkan bagaimana strategi, taktik dan program yang akan dijalankan. 


Disinilah seorang entrepreneur harus bisa membuat program yang sesuai dengan perilaku konsumen dan harus direalisasikan. Program inilah yang menentukan bagaimana seorang entrepreneur dapat memanfaatkan setiap peluang bisnis yang berasal dari perilaku konsumen. Bagamaimana dengan anda? Hmmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: