Assalamualaikum wr. Wb


Omar Hidayat di Pasteur. Selamat malam bapak-bapak, saya mau tanya,saya sering mendengar banyak orang yang sukses dari modal kecil, di sisi lain saya merasa kurang berani jika punya modal kecil, di sisi lain saya merasa kurang berani jika punya modal kecil, kira-kira bagaimana sebaiknya yang saya lakukan?.


Wassalam


Omar Hidayat,


+6282316584xxx




Waalaikum salam Kang Omar,


Memang ini menjadi salah satu hal yang seringkali dipertanyakan oleh para start up atau teman-teman yang baru akan memulai bisnis. apakah memulai dengan modal yang kecil atau langsung besar. Bagi saya, yang juga menjadi seorang startup, lebih memilih untuk memulai dengan modal yang kecil karena berhubungan dengan bagaimana sebuah bisnis yang harus dilihat sebagai sebuah proses yang terus menerus. Dalam hal ini, entrepreneur harus menjadi seorang pembelajar bagi bisnis tersebut.


Ingat, banyak hal yang harus dipahami oleh entrepreneur dalam berbisnis yaitu keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia dan teknologi informasi yang menjadi bagian utama bagi para entrepreneur untuk sukses mencapai profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang yang notabene menjadi KPI untuk kesuksesan para entrepreneur nantinya.


Belum lagi lingkungan bisnis yang pasti akan selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi sehingga akan berdampak pada peluang dan ancaman bagi para entrepeneru dalam menjalankan bisnis. oleh karena itu, penting bagi entrepreneur untuk fokus dulu pada hal-hal ini dan sebaiknya memulai dengan modal kecil. Akan semakin beresiko kalau langsung menggunakan modal yang besar karena berdampak kepada kerugian yang akan diderita.


Inilah yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, saya sendiri menyarankan lebih baik menggunakan modal yang kecil dulu untuk memulai  serta menumbuhkan bisnis tersebut. Setelah itu, untuk mengembangkan, perlu modal yang lebih besar dan ini diperbolehkan karena entrepreneur sudah mulai mengetahui apa yang diperlukan bisnis dan bahkan sudah master di bisnis tersebut.


Jadi, kang Omar, lebih baik mulailah berbisnis dari modal yang kecil dan fokus menumbuhkan bisnis tersebut dengan sumber daya yang dimiliki yaitu man, money, machine, method, material, market, minute serta informasi yang akan bisa dimanfaatkan bagi bisnis tersebut. Ingat, modal itu bukan hanya uang dan itu akan menjadi driver untuk para entrepreneur dalam berbisnis.  
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: