Assalamualaikum wr.
Saya Nurhasanah dan bermaksud untuk menjalankan usaha, hanya saja, pilihannya, lebih baik yang mana kedepannya, usaha musiman atau usaha yang dijalankan menetap atau bisnis yang tidak berganti-ganti.
Nurhasanah
Baleendah

Waalaikum salam wr. Wb.
Terima kasih pertanyaan yang disampaikan oleh Ibu Nurhasanah yang pastinya juga menggambarkan bagaimana galaunya banyak orang yang ingin berbisnis dengan pilihan untuk menjalankan bisnis musiman ataupun bisnis yang menetap. Seringkali orang terjebak dengan pilihan bisnis yang seadanya dan berdampak kepada jangka panjang bisnis tersebut. Tentu hal ini harus menjadi perhatian setiap calon entrepreneur.

Saya sendiri melihat bagaimana sejatinya pilihan bisnis yang harus dibuat oleh para entrepreneur dengan basis pemahaman bahwa bisnis itu adalah sebuah proses panjang untuk mencapai kesuksesan. Selain itu, bisnis itu berada dalam sebuah lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi sehingga menjadi sebuah ancaman bagi setiap bisnis entrepreneur selain peluang yang pastinya akan dihadapi oleh setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, saya menyarankan kepada Ibu untuk memilih bisnis yang menetap yang berarti terus dijalankan oleh ibu dalam jangka panjang. Pilihan bisnis menetap ini akan membantu ibu untuk fokus dalam menjalankan bisnis dan terus mengembangkan bisnis melalui optimasi peluang yang ada dan meminimalisir ancaman yang datang. Hal ini akan terus dilakukan oleh para entrepreneur dalam berbisnis untuk sukses.

Hmmm.. satu lagi ya bu, usahakan ibu bisa terus meningkatkan diri mulai dari pemula, kompetensi, fasih, ahli sampai dengan master dalam sebuah bisnis yang sudah dipilih. Diri seorang entrepreneur juga menjadi sebuah kunci sukses untuk menumbuhkembangkan bisnis saat ini dan  yang akan datang. Ingat, entrepreneur itu adalah sebuah mindset atau sikap mental yang menjadi kunci sukses dalam menjalankan bisnis. Hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur fokus dalam mengembangkan diri melalui bisnis yang berproses panjang dan khususnya untuk para entrepreneur yang memilih bisnis yang menetap.

Yang tidak kalah penting lagi ya bu, dengan memilih bisnis yang tetap, ibu akan dilihat oleh orang lain yang notabene stakeholders ibu. Mereka adalah konsumen, supplier, distributor, pemerintah dan masyarakat pada umumnya dan merekalah yang memberikan kontribusi pada sukses atau tidaknya bisnis yang dijalankan. Pada akhirnya, ibu Nurhasanah saya sarankan untuk memilih bisnis yang menetap ya….

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: