Sebagai seorang entrepreneur yang dituntut untuk menjadi entrepreneur sukses berbasis pengetahuan, tentu sumber pengetahuan itu berasal dari berbagai sumber yang dapat memberikan value kepada setiap entrepreneur guna dapat meningkatkan kompetensi mereka yang terdiri dari knowledge, skill dan attitude.


Salah satu sumber yang pastinya sangat berharga adalah belajar dari kesalahan sendiri yang dialami oleh entrepreneur. Kesalahan yang pastinya memang akan dirasakan oleh setiap entrepreneur selama merek amenjalankan berbagai aktivitas bisnis seperti keuangan, pemasaran, operasi dan juga sumber daya manusia selain IT.


Kesalahan yang dirasakan oleh setiap entrepreneur itu berasal dari adanya gap antara sesuatu yang diharapkan dengan apa yang ditemui dalam setiap fakta berupa temuan yang ada di lapangan. Tentu hal ini harus dihitung dulu dari aspek yang berhubungan dengan impact atau dampaknya signifikan atau tidak.


Tentu masalah tersebut harus bisa diselesaikan atau problem solving agar bisa memberikan manfaat kepada setiap entrepreneur. Kalau masalahnya sudah diselesaikan, itu jangan dianggap case close. Inilah langkah selanjutnya yang harus dilakukan bagaimana mereka mengambil setiap pelajaran yang berasal dari kesalahan.


Kesalahan tersebut akan berulang dan bila entrepreneur tidak bisa mengambil pelajaran atas kesalah itu, tentu akan merusak bisnis itu secara berulang-ulang karena akan berdampak saat ini dan yang akan datang dimana bisnis itu akan kena dampak yang luar biasa.


Selain itu, tentu, tidak berangkat dari masalah itu saja. Pelajaran juga bisa didapatkan dari solusi yang diberikan terhadap permasalahan tersebut seingga kalaupun terjadi berulang, maka solusi yang pernah diambil bisa juga digunakan sebagai salah satu  pilihan solusi.


So, dengan kejadian ini, setiap entrepreneur diharapkan mampu mengambil pelajaran dari setiap masalah yang dihadapi oleh entrepreneur itu sendiri.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: