Perkenalkan, nama saya Aam dan saat ini saya memiliki usaha las listrik dengan rata-rata pendapatan 3 juta perbulan. Memang ada kenaikan dan juga penurunan pendapatan sebagai seorang pengusaha las. Akan tetapi, belum lama ini ada tawaran untuk jadi karyawan di pabrik dengan pendapatan yang lebih baik daripada jadi pengusaha las tadi yaitu lebih dari tiga juta. Mohon saran dari Bapak untuk pilihan ini, apakah saya tetap menjadi pengusaha las atau menerima tawaran menjadi seorang karyawan di pabrik.
Aam , Rancamayar
Waalaikum salam wr. Wb.

Terima kasih atas pertanyaan yang Pak Aam sampaikan kepada kami dalam acara Belbiz on Radio ini dan saya bisa mengerti kegalauan Bapak menghadapi kedua pilihan tersebut. Tentu, kedua pilihan memberikan konsekuensi yang sangat penting karena berhubungan dengan pendapatan yang dibawa pulang dan nantinya berhubungan dengan kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi setiap saat. Tidak mudah memang untuk memutuskan.

Akan tetapi, saya juga pernah merasakan hal yang sama dimana saya harus memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur atau menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan dengan kompensasi yang tidak sedikit. Saya benar-benar memperhitungkan hal-hal yang sangat berhubungan dengan bagaimana mendapatkan pilihan yang paling baik bagi saya. Semuanya menjadi penting untuk keberhasilan saya dalam bisnis.

Hal pertama yang harus Bapak Aam perhatikan adalah apa tujuan yang hendak Bapak capai dalam kehidupan ini. tujuan ini berhubungan dengan mau jadi apa bapak kedepannya? Saya sendiri, memiliki tujuan menjadi entrepreneur dapat merubah kehidupan menjadi lebih baik dan dikelola sendiri tanpa diatur oleh perusahaan orang lain.

Selain itu, bapak ingin hidup terkekang atau mandiri? Kalau saya lebih baik menjadi mandiri karena dengan usaha sendiri saya bisa mengatur keuangan dan pendapatan yang memiliki peluang yang lebih baik daripada bekerja di orang lain.

Kedua hal ini perlu bapak perhatikan untuk memutuskan tetap menjadi entrepreneur atau menjadi karyawan. jangan sampai salah dalam membuat keputusan. Adapun usaha yang relative belum besar, bisa bapak usahakan dengan terus belajar dan mencari pendamping sehingga ide bisnis Bapak semakin besar dan mampu meningkatkan kualitas dan skala bisnis yang nantinya berdampak kepada pendapatan yang pasitnya akan jauh lebih besar daripada penerimaan bapak ketika bekerja di pabrik sebagai karyawan. sukses terus untuk Pak Aam.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: