Tanggal 1 Juni, merupakan hari kelahiran Pancasila yang diperingati oleh bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara dan banyak bangsa yang memperingati dengan membuat meme saya Pancasila. Kalimat ini banyak tampil di berbagai sosial media, baik instagram, facebook ataupun twitter yang pastinya banyak dilihat oleh bangsa Indonesia ataupun di luar negeri. Belum lagi DP whats app yang banyak digunakan bangsa Indonesia.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang berharga dari semangat pancasila yang sedang digembar-gemborkan oleh banyak orang. Semangat pancasila tersebut tidak cukup dengan hanya menyatakan saya Pancasila, akan tetapi, sejauh mana bisa memahami, menyadari dan menerapan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-sehari. Ada 36 butir nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam pancasila itu sendiri.  

Bagi masyarakat yang pernah mendapatkan materi Pelajaran tentang Pancasila tentu ingat semua nilai-nilai tersebut. tetapi, bagaimana dengan yang belum pernah belajar nilai-nilai Pancasilla? Tentu tidak tahu dak paham. Bagi entrepreneur, rasanya sebagian besar nilai-nilai Pancasila sudah dijalanka meskipun tidak tahu.

Oleh karena itu, agar tidak terjebak dengan hanya menyatakan saya Pancasila sementara bisa jadi tidak menjalankan nilai-nilai Pancasila, maka sudah waktunya entrepreneur mempelajari sejarah Pancasila dan 36 nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Hal ini harus dilakukan oleh para entrepreneur dengan baik karena berhubungan dengan nilai-nilai yang akan terapkan dalam kehidupan sehari-hari pada umumnya dan bisnis pada khususnya.


Hal yang sangat sederhana adalah bagaimana memiliki jiwa nasionalisme terhadap negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jelas sekali nilai ini adalah kekuatan seorang entrepreneur untuk menjadi pengusaha yang mampu memberikan value kepada bangsa Indonesia. Sejatinya seorang entrepreneur adalah pahlawan bangsa dan ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana dengan anda? Apakah benar-benar menjadi seorang pahlawan bagi bangsa Indonesia dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila? Hmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: