Kemaren sore, saya bertemu dengan teman-teman yang luar biasa karena mereka adalah bagian dari orang-orang yang memang berjuang bersama saya untuk mengembangkan entrepreneurship di Jawa Barat dan bahkan lebih luas lagi, di Indonesia. Hmm… sebegitunya kah? Ha, ha…..

Betul sekali, karena memang untuk mencapai tujuan yang lebih besar, kita dihadapkan kepada banyak hal dan pastinya akan membutuhkan banyak orang untuk membantu kita sendiri. Disinilah perlunya bagaimana setiap orang menyadari dampak atau impact atas setiap keputusan yang mereka buat, baik sadar ataupun tidak sadar.

Sekedar mengingat kembali, saya memang sudah sejak tahun 2009 terlibat dalam program pengembangan entrepeneurship di Kota Bandung, khususnya sejak menjadi dosen luar biasa di Universitas WIdyatama. Bahkan kalau dihitung, hal ini sudah dimulai sejak tahun 2007. Akan tetapi, secara formalnya, sejak tahun 2009.

Lalu, apa hubungannya dengan tema di atas? Menjadi seorang Pembina entrepreneurship, hal mendasar yang harus dimiliki adalah sejauh mana bisa memberikan value kepada banyak orang dan pastinya harus bermanfaat, baik secara profit maupun non profit. Hal ini merupakan salah satu motiv dasar bagi entrepreneur dan stakeholder didalamnya.

Apa saja keputusan dan tindakan yang saya lakukan sejak tahun 2009, baru terasa  ketika saya dituntut untuk menjadi seorang Pembina entrepreneur dan mencapai kesuksesan dalam aktivitas bisnis. Rupanya, inilah yang disebut dengan impact atas keputusan yang sudah dan pernah dibuat ketika menjalani status sebagai entrepreneur dan Pembina entrepreneur.

Dalam hal ini, impact ada dua hal yaitu positif dan negative dan itu menjadi pertimbangan bagaimana setiap entrepreneur mengambil keputusan dan tindakan atas apa yang mereka lakukan setiap saat. Tidak bisa dipungkiri bahwa impact itu ada dua yaitu positif ataupun negative dan pastinya, entrepreneur harus bisa mendapatkan impact yang positif.


Inilah yang harus diperhatikan agar bisa memberikan value yang optimal bagi setiap entrepreneur agar bisa berfikir jangka panjang dan tidak hanya melihat apa yang ada di depan mereka saja. Berfikirlah sampai ke dampak atas setiap keputusan binsis yang harus dibuat, baik secara langsung ataupun tidak langsung.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: