Beberapa hari ini, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan yang bagi sebagian masyarakat terkejut dengan kondisi tersebut. Ada peraturan pengganti undang-undang tentang organisasi masyarakat yang banyak menuai pro dan kontra. Berbagai pendapat tentang peraturan ini dan pastinya mempengaruhi situasi politik bangsa. Setelah itu, kebijakan untuk data keuangan masyarakat sampai dengan undang-undang pemilu yang juga menuai kontroversi.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang berharga dalam menjalankan bisnis karena tidak bisa dilepaskan dari kondisi politik bangsa ini. Pelajaran pertama adalah bagaimana pemerintah mulai ketat dalam membuat keputusan dalam negeri ini. Konsep demokrasi yang selama ini dibahas dan disampaikan kepada masyarakat mulai bergeser. Tentu hal ini juga akan berpengaruh kepada para pelaku UMKM dan entrepreneur.

Ketegasan pemerintah harus diamati dengan dengan baik karena berhubungan dengan apa yang boleh dan tidak boleh di negara ini. satu hal yang penting adalah bagaimana entrepreneur mempelari setiap aturan yang ada yang berhubungan dengan bisnis seperti masalah ijin BPOM, Halal, PIRT dan lain-lain. Perijinan menjadi perhatian para entrepreneur agar tidak terjebak dalam kesalahan yangdilakukan selama menjalankan bisnis.

Hal lainnya adalah berhubungan dengan pajak yang harus ditaati oleh para entrepreneur karena banyak sekali entrepreneur yang tidak bisa memenuhi kewajiban pajak yang sejatinya adalah kewajiban yang harus dilaksanakan dengan baik. pajak seringkali kurang dipahami sebagai sebuah kewajiban yang harus dipenuhi dan pastiya berdampak kepada bisnis para entrepreneur.

Pengetahuan dan pemahaman terhadap perilaku konsumen juga menjadi penting karena adanya undang-undang yang berlaku dan perlindungan konsumen. jangan sampai membohongi konsumen dan pastinya ada hukuman bagi yang melanggarnya.

Begitu pula dengan promosi dimedia sosial yang diharapkan jangan sampai pada memberikan informasi yang bersifat hoax karena akan berhubungan dengan aturan pemerintah yang bisa dikenai hukuman bagi yang melanggarnya, baik yang paham atau tidak paham. Inilah yang harus dipahami oleh para entrepreneur saat ini ditengah ketatnya pemerintah kepada rakyatnya. Jangan sampai kesalahan kecil membuat para entrepreneur gagal dalam berbisnis. Bagaimana dengan anda? Hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: