Assalamualaikum wr. Wb.
Terima kasih atas kesempatan untuk bertanya di program Belbiz on Radio ini dan Alhamdulillah, acara memberikan waktu untuk terus belajar dari Pak Meriza tentang bisnis dan Manajemen. Sukses terus dengan program ini ya Pak. O iya pak, saya mau bertanya, kan dalam berhubungan dengan supplier, kita diawal selalu diminta untuk membayar full terlebih dahulu, setelah itu, baru barang bisa keluar. Bagaimana strateginya pak? Kalau kita bisa bayar dibelakang. Terima kasih pak,
Wassalam
Pinsa, Cimahi
Waalaikumsalam wr. Wb.

Terima kasih Pinsa, sukses terus ya bisnisnya, dan semoga setiap bahasan yang kita berikan dalam program Belbiz ini akan bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk menumbuhkembangkan bisnis kita masing-masing.

Berhubungan dengan supplier itu layaknya hubungan B to B yaitu bagaimana membangun hubungan bisnis dengan bisnis yang masing-masing memiliki kepentingan untuk meningkatkan profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Untuk dapat melakukan strategi bagaimana bisa membayar dibelakang setelah barang diambil merupakan sebuah strategi yang sangat penting bagi entrepreneur, akan tetapi, tidaklah mudah karena berhubungan dengan supplier apalagi supplier besar.

Untuk itu, perlu di perusahaan Pinsa untuk memperkuat manajemen perusahaan terlebih dahulu, terlebih pada manajemen keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Hal ini penting karena berhubungan dengan reputasi perusahaan yang dibangun oleh setiap entrepreneur. reputasi yang sangat dibutuhkan oleh para supplier ketika mereka akan memberikan kepercayaan kepada Pinsa untuk mengambil produk dulu, baru membayar setelah beberapa waktu.

Inilah yang perlu dilakukan oleh Pinsa untuk membangun kepercayaan supplier. Yang tidak kalah penting adalah melakukan pembayaran secara tepat waktu kepada mereka. Hal ini bisa menjadi faktor kepercayaan yang akan dimiliki oleh supplier. Pembayaran ini untuk membuat proses bisnis supplier tetap berjalan. Yang tidak kalah penting juga adalah bagaimana melakukan komunikasi secara berkala dengan supplier, baik secara formal maupun non formal, khususnya untuk kebutuhan produk, jumlah kebutuhan produk sampai dengan pembayaran. Inilah yang harus dilakukan oleh Pinsa dalam membangun kepercayaan pada Supplier. Sukses terus yaaa..

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 29 Juli 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: