Jargon yang menyatakan bahwa entrepreneur itu wajib menjadi seorang manajer keuangan yang handal bukanlah isapan jempol semata karena itu berhubungan dengan bagaimana seorang entrepreneur mengelola bisnisnya secara optimal karena memang pada hakekatnya, salah satu konsep bisnis itu adalah create money dengan mencapai profit dalam bentuk TP = TR – TC atau total profit dihasilkan dari pengelolaan total reveneue yang dikurangi dengan total cost.

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa tidak semua entrepreneur berlatar belakang keuangan. Tentu tidak bisa dipungkiri, akan tetapi, sudah waktunya fokus pada pengetahuan, keterampilan serta sikap untuk mengelola keuangan

Pahami dengan baik tugas seorang manajer keuangan
Menjadi entrepreneur itu tidak akan lepas dari konteks bagaimana mereka harus menjalankan peran sebagai seorang manajer keuangan dengan mengelola keuangan secara efektif dan efisien. Tugas utama mereka adalah mencari pendanaan, mengelola keuangan serta membagikan laba kepada pemegang saham selama mereka menjalankan bisnis.

Pahami dan mampu mencari pendanaan
Entrepreneur harus benar-benar mencari sumber pendanaan secara efektif dan efisien. Mencari sumber pendanaan yang memberikan biaya modal yang paling kecil dari lembaga keuangan perbankan maupun lembaga non perbankan.

Mengelola keuangan
Mengelola keuangan dengan terlebih dahulu membuat anggaran atau budgeting yang nantinya digunakan sebagai dasar untuk mengelola biaya serta membuat keputusan bisnis. setelah itu, melakukan pencatatan bisnis dengan basis akuntansi.

Membagikan deviden
Entrepreneur harus bisa membagikan deviden atau laba yang diberikan kepada pemegang saham yang notabene seringkali entrepreneur itu sendiri. Dalam hal ini, entrepreneur harus benar-benar bisa membuat anggaran dari laba yang bisa dibagikan dan juga ditahan untuk bisa digunakan untuk pengembangan usaha.

Penggunaan IT untuk pengelolaan keuangan 
Saatnya entrepreneur untuk mulai memahami teknologi informasi untuk pengelolaan keuangan secara efekfit dan efisien

Lakukan evaluasi
Entrepreneur harus terus melakukan evaluasi diri dan juga evaluasi atas kondisi keuangan perusahaan dari hasil yang dijalankan yaitu bagaimana peran sebagai seorang manajer keuangan bisnisnya.

Lakukan perbaikan
Konteks kaizen atau perbaikan terus menerus adalah kunci sukses bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan peran sebagai seorang manajer keuangan.

Inilah beberapa tips financial management yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: