Ada satu hal yang sangat menarik dalam konteks Sea Games di Malaysia saat ini yaitu bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam Sea Games agar bisa memberikan yang terbaik kepada bangsa Indonesia. Akan tetapi, hal paling tidak enak adalah bagaimana kasus tentang beberapa hal yang kurang fair dalam bertanding. Salah satunya adalah pertandingan sepak takraw yang saking beberapa hal yang tidak fair yang diberikan kepada tim sepak takraw putri Indonesia, akhirnya tim Indonesia melakuan walk out. Salah satu alasan yang disampaikan oleh pelatih Indonesia adalah berhubungan dengan harga diri bangsa Indonesia yang diperlakukan seperti itu oleh pelatih dari Singapura.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang dapat diambil dan dihubungkan dengan bisnis yang dijalankan yaitu bagaimana entrepreneur harus bisa menjaga harga yang notabene adalah asset yang palling berharga dalam diri setiap entrepreneur. Ada satu konsep yang berhubungan dengan hal ini yaitu value yang dimilliki oleh para entrepreneur dalam berbisnis dan berawal dari diri sendiri, perusahaan dan produk yang mereka tawarkan kepada konsumen.

Harga diri itu merupakan aset yang bersifat intangible dan melekat pada diri yang dampaknya akan sangat luar biasa ketika bicara value yang akan dibeli oleh setiap konsumen dari para entrepreneur. lalu, hubugannya dengan apa yang terjadi dengan tim sepak takraw itu adalah bagaimana harga diri para entrepreneur ketika sudah diperlakukan tidak baik atau tiak adil oleh orang lain yang notabene bisa jadi berasal dari stakeholders para entrepreneur dalam bisnis.

Artinya, seorang entrepreneur harus bisa mendefinisikan personal value masing-masing seperti jujur, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, professional dalam menjalankan bisnis. Hal ini menjadi dasar bagi setiap entrepreneur karena akan membentuk citra atau image di benak stakeholders. Ketika ada satu pihak yang tidak berbuat fair kepada entrepreneur, maka ini akan menjadi tantangan bagi entrepreneur dalam bisnis. Harus bisa mempertahankan dan bahkan meningkatkan nilai diri tersebut agar tidak di kerjakan oleh banyak orang karena menyangkut harga diri.

Pertahankan harga diri dan tetap professional dalam menjalankan bisnis. hal ini akan berdampak kepada harga diri perusahaan, agama dan harga diri bangsa. Seorang entrepreneur akan memberikan kontribusi signifikan bagi bangsa ini. Bagaimana dengan anda?
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: