Permasalahan yang seringkali dihadapi oleh para entrepreneur dalam berkomunikasi adalah seringkali mereka ditolak untuk melakukan hal-hal yang mereka inginkan sementara, tujuannnya dalam berkomunikasi adalah untuk memecahkan masalah tersebut. Tentu hal ini diharapkan tidak sering terjadi pada diri entrepreneur dalam berkomunikasi. Akibatnya sudah terbayang bagaimana beratnya melakukan komunikasi yang gagal dengan stakeholders.

Ada satu dasar yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis dan berkomunikasi. Dasar itu berhubungan dengan hakekat seorang manusia yang harus dihadapi dan pastinya diharapkan akan dapat berkontribusi pada bagaimana entrepreneur bisa menggerakkan mereka untuk menjalankan apa yang diinginkan secara efektif dan efisien. Hmmmm…

Maksudnya adalah untuk melakukan komunikasi yang efektif dan efisien, setiap entrepreneur dituntut untuk bisa memahami manusia dengan lebih baik dan bahkan harus optimal. Saya jadi teringat dengan konsep bagaimana bisnis itu harus didekati dengan pendekatan perilaku manusia, dimana manusia memiliki raga, logika, rasa, tidak sadar dan juga roh. Pastinya semuanya berpengaruh kepada manusia.

Inilah yang harus dipahami oleh para entrepreneur dalam konteks komunikasi. Ketika entrepreneur paham dengan hakekat seorang yang diajak berkomunikasi, kemungkinan besar komunikasi tersebut akan berjalan dengan optimal dan pastinya akan berdampak kepada diri dan orang lain. Tidak bisa dipungkiri lagi akan hal ini. Setiap entrepreneur harus paham.

Dalam komunikasi, tanggungjawab selanjutnya adalah bagaimana membangun kesepahaman setiap orang yang kita ajak berkomunikasi dengan apa yang kita sampaikan. Pemahaman itu penting agar mereka mengerti kenapa kita menyampaikan hal tersebut dan tergambar bagaimana peran mereka apabila mereka tidak ikut serta dalam bahasan yang diinginkan kepada mereka. Akan tetapi, hal ini saja belum cukup.

Pemahaman harus ditambah juga dengan penyadaran mereka akan hal yang dibahas atau dikomunikasikan. Artinya, mereka harus merasakan manfaat atau pengaruh, baik negative ataupun positif atas apa yang disampaikan. Tidak bisa ditolak karena hal ini penting untuk menggerakkan orang lain sesuai keinginan komunikator dalam konteks entrepreneurship dan bisnis.

Oleh karena itu, perlu entrepreneur menyadari akan hal ini dan juga membuat bahasan yang sederhana dan mudah dimengerti oleh komunikan serta sampai kepada penyadaran akan apa yang kita sampaikan kepada diri mereka masing-masing. saatnya entrepreneur meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi, khususnya komunikasi yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan setiap hari…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: