Assalamualaikum wr. wb.
Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua.. perkenalkan nama saya Taufik dan berdomisili di Cimahi. Saya ingin bertanya sehubungan dengan Pensiunpreneur yaitu apa yang perlu dipersiapkan sebelum pensiun untuk memasuki pensiun
Waalaikum salam wr. Wb.
Taufik, Cimahi
Wasalamualakum wr. Wb.

Terima kasih atas tanggapan dan pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan semoga Belbiz akan terus bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan diri dan bisnis para entrepreneur.

Setiap orang yang bekerja, alias seorang karyawan pasti akan memasuki masa pensiun karena tidak mungkin akan dipertahankan oleh manajemen perusahaan selamanya. Hal ini sudah menjadi hukum dalam konteks bisnis yang bekerjasama dengan karyawan untuk mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Oleh karena itu, setiap karyawan harus memiliki mindset bahwa mereka harus “keluar” dari perusahaan dan menjadi seorang pensiun. Hanya saja, pilihannya adalah akan bekerja kembali di perusahaan lain atau fokus kepada keluarga dan beribadah serta membangun sebuah bisnis untuk bisa melakukan aktivitas semasa pensiun yang pastinya akan menemui kondisi jenuh karena tidak berkativitas lagi. Selain itu, tentu akan mendapatkan income dari usaha yang dikembangkan. Inilah yang saya sebut dengan pensiunpreneur.

Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah pertama, tujuan hidup setelah masa pensiun karena ini berawal dari apa yang hendak dicapai setelah bekerja dan menjadi seorang pensiun. Yang kedua, adalah menganalisis diri tentang talent atau bakat, pengetahuan, keterampilan serta sikap dan morale untuk berbisnis.

Barulah setelah itu melihat pasar dan menjalankan bisnis. untuk itu, diperlukan adanya kesehatan dari setiap pensiun, mental atau mindset yang kuat untuk berbisnis, fikiran  yang positif dan tidak memiliki hutang di masa pensiun. Hal ini penting bagi setiap karyawan yang akan menjadi pensiunpreneur. Yang tidak kalah penting, mulailah mencari mentor dan coach agar bisa mendampingi dan mengarahkan menjadi seorang pensiunpreneur.

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung setiap hari Jumat, Pukul 19.15 – 20.15. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: