Salah satu perhelatan besar yang diikuti oleh bangsa Indonesia adalah kegiatan olah raga tingkat negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, yaitu sepuluh negara yang tergabung dalam rumpun ASEAN. Saat ini, Sea Games diselenggarakan di Malaysia dengan mempertandingkan beberapa cabang olah dan khusus bagi olahragawan dari Indonesia, hal ini menjadi momentum untuk membeli kehormatan bangsa Indonesia ditengah persaingan antar bangsa.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang berharga yang bisa diambil oleh para entrepreneur atas perjuangan anak bangsa di ajang Sea Games. Lihat saja bagaimana cabang olah raga sepakbola yang berjuang untuk kehormatan bangsa. Belum lagi perjuangan olah raga lainnya. Tentu mereka totalitas berjuang agar bisa memenangkan persaingan. Akan tetapi, dalam perjuangan tersebut juga ada hal-hal yang kurang fair dilakukan oleh lawan yang salah satunya adalah sepak takraw yang sampai walk out karena dicurangi oleh lawan.

Semangat para pejuang olah raga ini harus juga dimiliki oleh entrepreneur muda dalam berbisnsi karena berhubungan dengan bagaimana perjuangan mereka dalam memenangkan kompetisi bisnis yang sedang terjadi saat ini. semangat perjuangan ini harus menjadi fondasi bagi para entrepreneur dalam menjalankan binis. Perjuangan untuk menjadi pemenang atau champion dan bukannya menjadi pecundang atau the looser yang seringkali orang sematkan kepada generasi muda bangsa ini.

Hal ini relevan dengan mindset atau sikap mental kewirausahaan yang harus dimiliki oleh para entrepreneur untuk bisa sukses dalam berbisnis. Apa itu? Memiliki jiwa kompetisi dalam menjalankan bisnis. Jiwa kompetisi ini merupakan semangat dan sudah mendarah daging bagi entrepreneur dalam bertanding yaitu untuk memenangi pertandingan berupa bisnis yang dimiliki masing-masing entrepreneur sehingga memiliki daya saing yang tinggi dan berkelanjutan.

Inilah yang harus dikembangkan oleh para entrepreneur saat ini dan yang akan datang yaitu bagaiimana memiliki sikap mental kewirausahaan dalam bentuk jiwa kompetisi dalam berbisnis. Caranya? Teruslah mengamati need, want dan demand konsumen, pergerakan pesaing sampai kepada perubahan kondisi politik, ekonomi, sosial dan budaya serta teknologi sehingga dapat memberikan superior value kepada konsumen.

Oleh karena itu, entrepreneur harus bisa terus meningkatkan kompetensi diri dengan belajar yang berhubungan dengan entrepreneurship, bisnis dan manajemen. Teruslah belajar dan inilah kunci suksesnya… Bagaiamana dengan anda? hmmmm.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: